Menu

Agustinus Assan Resmi Jadi Tersangka Kasus Dugaan Money Politic

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Caleg Daerah Pemilihan III Kabupaten Lamandau Agustinus Assan resmi menjadi tersangka atas kasus dugaan money politic pada Pemilu 2019. Penetapan tersangka tersebut seusai diadakannya rapat pembahasan ketiga antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejari Lamandau, pada Selasa (14/5/19) malam di Mapolres Lamandau, Kalimantan Tengah.

“Tadi malam kami sudah melaksanakan rapat pembahasan ketiga, yakni pembahasan tentang hasil penyidikan oleh penyidik Polri yang bertugas di Sentra Gakkumdu,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Lamandau, Bedi Dahaban, di Nanga Bulik, Rabu (15/5/2019).

Menurut Bedi Dahaban, Agustinus Assan merupakan caleg jadi dari Partai Demokrat dengan nomor urut 1 Dapil III Lamandau (Kecamatan Sematu Jaya, Menthobi Raya, dan Kecamatan Bulik Timur). Pasalnya, Agustinus meraih suara tertinggi di Demokrat Dapil III Lamandau. Namun, kata dia, dalam pelaksanaan kontestasi Pemilu 2019 ini, Agustinus disinyalir melakukan tindakan yang melanggar hukum. Saat ini, Agustinus pun telah menjadi tersangka dalam kasus dugaan money politic.

“Perbuatannya telah memenuhi syarat Pasal 523 ayat 1, UU no 7 tahun 2017, pelanggaran tindak pidana pemilu,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang warga Nanga Bulik, Trigas mengatakan, perkara yang melibatkan anggota DPRD Lamandau Periode 2014-2019 tersebut menyita perhatian publik. “Kami selaku masyarakat awam sangat mengapresiasi terhadap kinerja pihak terkait lainnya dalam kasus money politic tersebut agar masalah ini menjadi pelajaran dalam berdemokrasi di kabupaten ini.”

Baca Juga Berita Lainnya

No comments

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami Di Facebook