Menu

Stok Blanko e-KTP di Disdukcapil Lamandau Minim

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Seiring dengan banyaknya warga yang mengurus dokumen kependudukan, khususnya Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), membuat persediaan blanko e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lamandau semakin menipis.

Bahkan, hingga Jumat pekan lalu, blanko e-KTP yang dimiliki Disdukcapil Lamandau hanya berjumlah 177 keping. Hal itu seperti disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Lamandau, Budi Prastowo, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Senin (23/9/2019).

“Bisa dikatakan blanko e-KTP kita minim. Karena sampai hari Jum’at kemarin, stok yang kita punya hanya tinggal 177 keping,” ungkapnya.

Dirinya menyebut, semakin menipisnya ketersediaan blanko e-KTP bukan hanya terjadi di Kabupaten Lamandau, namun juga secara nasional.

“Sebenarnya bukan hanya di Disdukcapil Lamandau saja, hampir semua daerah mengalami hal serupa. Sehingga sesuai dengan surat edaran dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, maka solusi untuk mengatasi keterbatasan blanko ini adalah diterbitkan Surat Keterangan (Suket) pengganti tanda identitas, bagi warga yang KTP-nya hilang, rusak atau perubahan elemen data di dalamnya,” ujarnya.

Dan, imbuh dia, sesuai dengan surat edaran tersebut juga, stok blanko yang masih tersisa kita prioritaskan bagi warga yang baru pertama kali melakukan perekaman atau baru mendapatkan KTP.

Sementara, saat disinggung perihal pelayanan perekaman data penduduk, Budi mengaku sampai saat ini masih tetap berjalan seperti biasanya.

“Kalau pelayanan perekaman tidak ada masalah, semuanya masih berjalan dan tetap kita layani. Hanya saja, bagi warga yang KTP-nya hilang, rusak atau berubah elemen data lainnya, sementara ini hanya diberikan Suket,” jelasnya.

Budi juga menambahkan, hingga akhir pekan lalu, pihaknya telah menerbitkan 236 lembar Suket. Dan ketika blanko e-KTP kita sudah datang, maka Suket tersebut bisa ditukar dengan e-KTP.

“Kita sudah menyampaikan perihal kurangnya blanko e-KTP ini, baik kepada Disdukcapil Provinsi maupun ke pusat. Mudah-mudahan dalam waktu dua atau tiga bulan kedepan kita bisa mendapat tambahan blanko e-KTP,” tukasnya.

No comments

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami Di Facebook