Sri Lestari: Setelah Disahkan, Perusahaan Wajib Mentaati

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Ketenagakerjaan, saat ini masih digodok alot oleh Eksekutif dan legislatif, dimana Ranperda ini kedepannya untuk memberikan perlindungan bagi seluruh tenaga kerja yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Ketua Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kobar Sri Lestari menjelaskan, Ranperda tentang penyelenggaraan Ketenagakerjaan ini merupakan usulan dari pemerintah daerah Kobar, dan semua Fraksi DPRD Kobar telah menyepakati untuk di bahas, sebelum akhirnya di Sahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda).

banner 336x280

” Dalam rapat komisi, kami pun telah membahas dan mempelajari dari Ranperda tersebut, pada prinsipnya kami sangat mendukung, karena keberadaan Ranperda ini salah satu upaya kita memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja uang yang ada di wilayah Kobar, serta salah satu upaya mengurangi angka pengangguran terbuka,” kata Sri Lestari dari Fraksi Partai Gerindra.

Menurut Sri Lestari, Ranperda tentang penyelenggaraan Ketenagakerjaan ini sangat penting karena untuk meningkatkan harkat dan martabat para tenaga kerja, untuk mewujudkan kesejahteraan yang adil dan merata.

“Dalam Ranperda itu juga, pekerja dari  penyandang disabiltas mendapatkan hak  yang sama, sehingga pihak perusahaan tidak bisa semena mena, selain itu dalam Ranperda itu di atur juga penerimaan tenaga kerja, sebab saat ini masih ada pihak perusahaan dalam penerimaan tenaga kerja pilih pilih, sehingga tidak ada kesempatan bagi anak anak Kobar, dengan alasan ada tim yang menangani penerimaan,” ujar Sri Lestari.

Sri Lestari harapan, setelah Ranperda tentang penyelenggaraan Ketenagakerjaan di Sahkan maka harus benar benar di implementasikan, karena proses dipembentukan Perda itu tidak mudah, semuanya melalui proses yang panjang dan biaya yang cukup besar.

“Bagi investor /pengusaha yang tidak patuhi Perda Ketenagakerjaan maka akan di kenakan sanksi, termasuk juga mengenai upah karena masih banyak karyawan yang menerima gaji bulanan di bawah angka UMK, untuk itu kami harapkan Perda ini nantinya benar benar di laksanakan dengan sungguh sungguh, agar seluruh tenaga kerja mendapatkan perlindungan yang baik, dan mauranya adalah peningkatan kesejahteraan,” beber Sri Lestari. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *