oleh

Puncak HPN Kalteng Dipusatkan di Seruyan

Kotawaringin News, Seruyan – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalimantan Tengah merencanakan puncak pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) di Kabupaten Seruyan. Pelaksanaan puncak HPN dijadwalkan berlangsung bulan April 2021. Dalam perayaan puncak, akan digelar sejumlah acara mulai dari seminar, disseminasi, bakti sosial, dan lainnya.

“Kita fokus pada pelaksanaan HPN di Seruyan. Dalam merayakan HPN secara nasional, kita ikuti jadwal dari PWI Pusat. Apalagi Palangka Raya masih dalam kondisi pandemi yang tidak memungkinkan kita melaksanakan kegiatan,” tegas Ketua PWI Kalteng HM Harris Sadikin, Minggu (7/2).

Dijelaskan Harris, pelaksanaan puncak HPN secara virtual, PWI sudah bermohon untuk difasilitasi pemerintah provinsi. Rencaanya PWI diberikan tempat di Aula Eka Hapakat kantor Gubernur Kalteng dengan pembatasan jumlah peserta. Hal itu untuk penerapan protokol kesehatan, agar terhindar dari covid-19.

“Kita memang masih sulit bergerak, karena Kota Palangka Raya baru selesai PKM. Mudahan pandemi cepat berlalu, sehingga satgas covid-19 bisa merekomendasikan kembali kegiatan pengumpulan masa,” tegas Harris.

Perayaan HPN tahun 2021, jelas Harris, memang berbeda dari sebelumnya. PWI Kalteng tidak ingin menggeber pelaksanaan kegiatan yang berpotensi melanggar protokol kesehatan. Karena itu, PWI Kalteng hanya fokus pada kegiatan puncak HPN secara virtual pada tanggal 9 Februari 2021. Selanjutnya, mempersiapkan pelaksanaan HPN tingkat provinsi di Kabupaten Seruyan.

Untuk kegiatan lain yang sedang dipersiapkan, jelas Harris, pada bulan Maret, PWI Kalteng akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Pelaksanaan UKW menerapkan dengan prokol kesehatan secara ketat. Peserta, panitia, dan penguji, wajib menggunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer, serta menjaga jarak.

“Peserta dan penguji, dijawibkan menjalani rapid antigen. Itu untuk mengantisipasi terpaparnya covid-19,” tegas Harris.
Selain itu, kata Harris, PWI Kalteng sedang fokus mempersiapkan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas). Sekarang PWI masih menunggu kondisi Kota Palangka Raya membaik dari pandemi covid-19. Apabila Satgas Covid-19 sudah membuka, atau memperbolehkan kegiatan pengumpulan massa, tentu PWI segera melaksanakan rangkaian Porwanas.

Beberapa rangkaian kegiatan yang akan digelar, jelas Harris, PWI sudah mempersiapkan diseminasi kebangkitan olahraga daerah, lounching Pelatda, pelaksanaan Pelatdan berjalan, dan pemberangkatan kontingen Porwanas. Dalam agenda rutin, PWI bersiap menggelar konferensi kerja, pelatihan, seminar, diseminasi, maupun berbagai forum pertemuan lainnya.

“Agenda tahun 2021 lumayan padat. Semoga pandemi covid-19 cepat berlalu, dan kita diizinkan untuk menggelar kegiatan dalam pengumpulan massa yang banyak,” tegas Harris. (*/K2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed