Program TMMD Tumbuhkan Semangat Gotong Royong

banner 468x60

Kotawaringin News, Lamandau – Pelaksanaan Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2023 di Desa Hambawang, Kecamatan Sematu Jaya telah berakhir. Acara penutupan dipimpin langsung Komandan Korem (Danrem) 102/Panjupanjung Brigjen TNI Bayu Permana, Kamis, 10 Agustus 2023.

Membacakan amanat Panglima Kodam (Pangdam) XII/Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Iwan Setiawan, Danrem Bayu Permana mengungkapkan, kegiatan yang berlangsung di Desa Batu Hambawang tersebut menyasar pembangunan fisik dan nonfisik.

banner 336x280

Dijelaskan Danrem, kegiatan tersebut Sejalan dengan tema TMMD tahun 2023 ini, yaitu ‘Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat’. Pihaknya juga  mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja bersama-sama membangun

daerah.

“Mari bersama mengatasi berbagai masalah dan tantangan dibidang teknologi, ekonomi dan sosial budaya. Untuk itulah selama TMMD ini para Prajurit TNI hadir di tengah-tengah rakyat, menyebarkan semangat gotong royong dan energi positif untuk maju mencapai keunggulan,” bebernya.

Disampaikan Danrem, sesuai dengan surat Mendagri RI Nomor 14/174/Sj tanggal 16 Januari 2017 tentang penambahan kegiatan program TMMD dari dua kali menjadi tiga kali dalam setahun, dan dilaksanakan di seluruh Indonesia termasuk Kodam XII/Tanjungpura pada TMMD ke-117 tahun 2023 ini.

“Untuk sasaran fisik, dilakukan pembangunan jalan, pembangunan talud, drainase, pembuatan jembatan, dan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH),” ujarnya.

Sementara, untuk sasaran nonfisik diadakan penyuluhan pencegahan stunting, penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan kamtibmas, sosialisasi pencegahan tindak kriminalitas, sosialisasi penerimaan anggota TNI, dan pencegahan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Sementara, Bupati Lamandau Hendra Lesmana menyebutkan, bahwa Program TMMD tahun 2023 yang diselenggarakan di Desa Batu Hambawang, Kecamatan Sematu Jaya itu dinilai dapat menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong masyarakat.

“Selain membantu menggerakkan pembangunan infrastruktur di desa, Program TMMD dapat menumbuhkan kebersamaan dan gotong royong di masyarakat,” ujar Bupati.

Penutupan Program TMMD tersebut dilakukan melalui kegiatan apel bersama dan penandatanganan naskah penyerahan hasil TMMD oleh Dandim 1017/Lamandau Letkol Arm. Ari Sugiharto sebagai Dansatgas TMMD tahun 2023 di Lamandau, kepada Bupati Lamandau Hendra Lesmana.

“Tentu kami berharap TMMD menjadi salah satu program kolaborasi TNI dan pemerintah yang manfaatnya bisa dirasakan langsung warga, karena kegiatan ini melibatkan warga dalam pelaksanaannya,” pungkas Bupati.(BH/din)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *