Menu

Pengurus Presidium Pembentukan Provinsi Kotawaringin Ditetapkan

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau -Semangat pemekaran provinsi Kotawaringin kembali menggelora. Rabu (12/6/2019), Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, yang juga sebagai anggota formatur tingkat Provinsi memimpin rapat pembentukan presidium pembentukan Provinsi Kotawaringin.

Selain dihadiri oleh sejumlah kepala SOPD, rapat yang dilaksanakan di aula Setda setempat itu, juga dihadiri oleh sejumlah anggota DPRD Lamandau, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta beberapa orang yang sebelumnya sudah menjadi anggota Badan Persiapan Pembentukan Provinsi Kotawaringin (BP3K) tingkat Kabupaten Lamandau.

“Kegiatan hari ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan kami dengan pak Gubernur beberapa hari yang lalu. Dimana pada pertemuan tersebut telah terbentuk formatur yang memiliki tugas salah satunya mendorong terbentuknya presidium tingkat Kabupaten,” ungkap Bupati Hendra, usai memimpin rapat.

Alhamdulillah, kata dia, dalam rapat tadi sudah ditetapkan nama-nama yang masuk dalam pengurus Presidium untuk tingkat Kabupaten Lamandau.

“Bahkan, sesuai dengan apa yang disampaikan pak Gubernur, kita juga akan segera menyampaikan beberapa nama yang menjadi utusan dari Lamandau untuk masuk dalam jajaran Presidium tingkat Provinsi,” ujarnya.

Dirinya menyebut, dibentuknya Presidium tersebut tidak lain adalah untuk menindaklanjuti spirit (pemekaran provinsi Kotawaringin) yang diwadahi dalam BP3K.

“Intinya, Presidium ini nantinya akan melaksanakan percepatan dalam rangka mendorong aspirasi dari 5 kabupaten (Kotim, Seruyan, Kobar, Lamandau dan Sukamara) untuk memekarkan diri, baik ke Gubernur, ke DPRD Provinsi bahkan ke DPR RI,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Hendra juga mengatakan bahwa aspirasi pemekaran provinsi Kotawaringin sempat vakum dalam beberapa tahun terakhir karena berbagai kendala.

“Namun karena sekarang sudah ada lampu hijau, makanya kita tindaklanjuti lagi dengan pembentukan Presidium. Presidium ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan BP3K, yang mana spiritnya sama, yakni menginginkan pemekaran Provinsi Kotawaringin,” bebernya.

Diketahui, Presidium pembentukan Provinsi Kotawaringin tingkat Kabupaten Lamandau, diketuai oleh H. Tommy Hermal Ibrahim, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Lamandau.

No comments

Tinggalkan Balasan

Ikuti Kami Di Facebook