Menu

Pasca 8 Kasus Covid-19 Baru, 34 Warga Lamandau Ikuti Pengambilan Sampel Swab

Kotawaringin News, Lamandau – Pemerintah Kabupaten Lamandau melalui tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 melakukan pengambilan sampel swab kepada 34 orang pasca adanya 8 pasien yang tiga hari terakhir dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab.

Pengambilan sampel swab kepada 34 orang itu meliputi 8 orang yang baru dinyatakan positif Covid-19 dan 26 orang lainnya adalah warga yang diduga punya diwayat kontak langsung dengan pasien positif dengan kasus 04. Swab test massal dilakukan di Halaman belakang area RSUD Lamandau, Sabtu 30 Mei 2020.

“Hari ini telah kita lakukan pengambilan sampel swab kepada 34 orang. Masyoritas diantaranya adalah warga yang berdasarkan hasil tracking diduga kuat telah melakukan kontak langsung dengan pasien positif 04,” kata ketua gugus tugas Covid-19 Kabupaten Lamandau Hendra Lesmana, Sabtu 30 Mei 2020 malam.

Hendra Lesmana yang juga Bupati Lamandau ini menyebut, berdasarkan hasil tracking sementara jumlah total warga yang diduga kuat kontak langsung dengan 8 pasien positif Covid-19 itu berjumlah 34 orang. Namun dari 34 orang itu 7 orang lainnya masih enggan mengikuti proses pengambilan sampel swab yang diadakan.

“Khusus bagi yang belum mengikuti swab test, saya meminta agar semuanya mengikuti ketentuan demi kebaikan bersama serta sebagai upaya dalam meminimalisir potensi penyebaran virus Covid-19,” pintanya.

Sementara itu, berdasarkan hasil tracking untuk 7 pasien positif Covid-19 yang diketahui merupakan pekerja dari rekanan salahsatu perusahaan swasta di Lamandau terdapat 76 orang. 76 orang itu didominasi para pekerja di salahsatu perusahaan perkebunan kelapa sawit tempat 7 orang yang dinyatakan positif itu semula bekerja. 76 orang hasil tracking tersebut dipastikan segera mengikuti proses karantina di pusat isolasi terpadu Komplek Mess Desa Kabupaten Lamandau.

“Selain kita melakukan berbagai upaya mulai dari swab test massal, tracking hingga karantina terpadu, kami juga berkoordinasi dengan gugus tugas Covid-19 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar),” katanya.

7 orang pekerja yang positif Covid-19 ini memiliki riwayat menginap dalam waktu cukup lama di salahsatu tempat penginapan di daerah dekat Pelabuhan Panglima Utar, Kumai, tepatnya saat menunggu jadwal tibanya Kapal.

Setelah beberapa hari berada di Kumai, Kobar, mereka juga menjalani rapid test di RSSI Pangkalan Bun sebagai salahsatu syarat bagi calon penumpang kapal, yang ternyata hasil dari rapid test-nya terkonfirmasi reaktif. (BH/K2)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook