Kemarau Kering yang Dipicu El Nino, Belum Ganggu Sumber Air Tirta Arut Pangkalan Bun

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Musim kemarau kering akibat pengaruh fenomena cuaca El Nino sudah terjadi di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), namun pihak Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Arut Pangkalan Bun menyebutkan suplai air baku untuk diolah dan dialirkan pada pelanggan masih belum mengalami gangguan.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Perumda Tirta Arut Pangkalan Bun, Sapriansyah, pascamendapatkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait kondisi kemarau kering yang melanda wilayah Indonesia sekitar Bulan Agustus dan September.

banner 336x280

Pihaknya segera melakukan langkah antisipasi, diantaranya melakukan penjagaan hutan disekitar lokasi sumber air dan pendalaman sumber air baku yang diolah menjadi air minum.

“Menang saat ini dari data yang kami peroleh tingkat pemakaia air oleh masyarakat lumayan tinggi”, ujarnya, Selasa (22/8/2023).

Namun, lanjut Sapriansyah pihaknya terus melakukan imbauan agar masyarakat pelanggan air bisa lebih bijak dalam hal penggunaan air bersih atau tidak boros dalam penggunaanya dalam aktivitas sehari-hari.

Sapriansyah mengharapkan partisipasi masyarakat untuk pro aktif dalam melaporkan bila mengetahui adanya kebocoran air yang terjadi pada pipa penyaluran.

Kemudian, lanjut Sapriansyah, untuk menambah kapasitas air baku yang diolah di Kecamatan Pangkalan Banteng dan Pangkalan Lada selama 2 hari terhitung hari ini, pihaknya sedang melakukan penambahan pompa.

“Karena hal tersebut berpotensi mengganggu pasokan air pada masyarakat pelanggan. Bila kebocoran terjadi pastinya pelanggan dan kami sebagai penyedia jasa, tentunya bakal mengalami kerugian akibat kondisi itu,” jelas Sapriansyah.

Karena kapasitas air untuk wilayah tersebut tentunya harus ditambah, lantaran harus melayani masyarakat pelanggan air pada 2 kecamatan.

Selain itu, untuk mengantisipasi kondisi terburuk bila suplai air terganggu, kami juga telah menyiagakan mobil tanki air yang siap mendatangi lokasi pemukiman warga yang aliran airnya mengalami masalah, pungkasnya. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *