Pj. Bupati Kobar Wacanakan Revitalisasi Kawasan Kumuh

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat- Kawasan permukiman kumuh di tepian Sungai Arut, Kabupaten Kotawaringin Barat akan direvitalisasi oleh Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar).

Penjabat Bupati (Pj) Kobar, Budi Santosa menjelaskan pihaknya akan fokus melakukan penataan permukiman kumuh sepanjang tahun 2023.

banner 336x280

“Fokus kami menyelesaikan persoalan pada kawasan kumuh yang ada di perkotaan, terutama yang ada di tepian Sungai Arut Kecamatan Arut Selatan,” beber Budi Santosa, Selasa (22/8/2023).

Kata Budi, wacana tersebut telah ia sampaikan saat Paripurna dan akan dijadikan perda. “Dan ini kita usahakan dengan dinas terkait macam PUPR dan Perkim. Jadi Perda terkait dengan penataan menjadi dasar kita untuk menata kembali yang kurang baik,” sebut Budi Santosa.

Salah satunya kearifan lokal jalan di pinggiran sungai yang terbuat dari kayu ulin, harus dijaga dan menjadi perhatian pemerintah.

“Kearifan lokal harus jalan, dan ini yang kita jual ke Pariwisata, apalagi kayu Ulin ini adanya cuma di Kalimantan, dan unik dan ini harus segera diperbaiki jangan sampai memakan korban. Alasan memprioritaskan upaya ini, karena kami sadar bahwa kabupaten seperti kami ini adalah kabupaten yang berpotensi memiliki banyak permasalahan, seperti kami harus menyelesaikan infrastruktur”, kata dia.

Revitalisasi tersebut merupakan program yang baik bagi masyarakat. Dirinya ingin kawasan yang dulunya kumuh menjadi tertata.

“Eksekusi yang nanti akan kami lakukan, yakni dengan mempermudah akses atau jalan yang layak buat membantu masyarakat sekitar yang ada di tengah tengah kota,” tutupnya. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *