Istana Kuning Jadi Pusat Kebudayaan Kotawaringin

banner 468x60

Pangkalan Bun, Kotawaringin News – Istana Kuning yang terletak di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat, jadi pusat kebudayaan Kotawaringin. Tak hanya wisatawan, Istana Kesultanan Kotawaringin itu sering dikunjungi para ahli sejarah kebudayaan. Bahkan, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), telah mendatangi Istana Kuning untuk melalukan penelitian, sekaligus mendata sejarah Kesultanan Kotawaringin.

Menurut salah seorang kerabat Kesultanan Kotawaringin, Agustadi, setiap situs sejarah harus dijaga dan dilestarikan. Sehingga, kelak anak cucu di NKRI ini mengetahui perjalanan sejarah Kesultanan Kotawaringin dalam membentuk peradaban di tatar Kotawaringin. Selain itu, lanjut Agus, Kesultanan Kotawaringin memiliki peran penting dalam perjuangan merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

banner 336x280

“Selain bidang sejarah dan budaya, masih banyak lagi peneliti dalam berbagai bidang baik pemerintahan maupun swasta ke Kesultanan Kotawaringin.”

Dia mengatakan, Kesultanan Kotawaringin kini tengah melengkapi arsip sejarah serta barang bersejarah di Istana Kuning. “Beberapa peniliti mengatakan arti dan peran istana kuning yang dulunya pusat dari sistem setelah perkembangan zaman, kini menjadi pusat kebudayaan, sejarah, yang paling sah atau tepat kebenaranya untuk dikunjungi, diteliti di Bumi Kotawaringin, tanah yang dibangun para raja atau sultan, dan kini menjadi sebuah Kabupaten Kotawaringin Barat. (Rilis/KNews-1)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *