Ini Jadwal Festival Babukung Kabupaten Lamandau 2019

banner 468x60

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Kurang dua pekan lagi, Pemerintah Kabupaten Lamandau akan punya gawe besar, salah satu event yang masuk dalam 100 Calender Of Event Wonderful 2019 Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, yakni Festival Babukung 2019 akan digelar pada tanggal 11-13 Oktober mendatang.

banner 336x280

Diketahui, Festival kebanggaan masyarakat Kabupaten Lamandau ini telah memasuki tahun kelima penyelenggaraan, berbagai pencapaian penting telah diraih Pemkab Lamandau melalui kegiatan seni budaya Tari Babukung ini, diataranya tercatat pada Musium Rekor Indonesia (MURI) sebagai penampilan tari topeng terbanyak dengan 1000 penari pada tahun 2015 silam.

Untuk tahun ini Festival Babukung telah masuk dalam 100 Calender Of Event Wonderful 2019 Kementerian Pariwisata RI. Yang mana hanya ada dua event di Kalteng yang masuk dalam kalender Nasional tersebut yakni Festival Budaya Isen Mulang Palangkaraya dan Festival Babukung Kabupaten Lamandau.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lamandau, Frans Evendi, melalui Kasi Tata kelola destinasi, Edmond Lamey Mambat, kepada matakalteng.com, Minggu 29 September 2019 mengatakan bahwa pada gelaran kelima Festival Babukung tahun ini, ada beberapa perubahan materi acara yang akan ditampilkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Iya , untuk Festival Babukung tahun ini ada beberapa tambahan acara, tentunya dengan tujuan agar lebih menarik dan variatif, sehingga pengunjung benar-benar mendapatkan kepuasan saat berkunjung ke Lamandau untuk menyaksikan Festival babukung ini,” ungkap Edmond.

“Kalau tahun sebelumnya tarian babukung diikuti oleh setiap desa yang ada di Lamandau, untuk tahun ini tidak, hanya diikuti perwakilan dari 8 Kecamatan saja, namun banyak tambahan acara menarik yang akan kami sajikan selama tiga hari tanggal 11 hingga 13 Oktober nanti,” imbuhnya.

Menurut Edmond, salah satu acara yang layak untuk di saksikan adalah Karnaval topeng, rencananya acara ini akan diikuti oleh perwakilan dari 13 Kabupaten dan satu kota yang ada di Kalimantan Tengah. “Kita tahu hampir setiap daerah di Indonesia mempunyai ciri khas seni topeng yang menjadi kekhasan daerahnya, untuk itu kita akan menampilkan keunikan topeng dari berbagai daerah se Kalteng dalam sebauh pertunjukan atau karnaval,” bebernya.

Sementara itu, Kariadi, Kasubbag Perencanaan dan pengendalian program Dispar Lamandau, saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa seluruh Kabupaten/kota se- Kalteng telah dikirimi surat untuk dapat ambil bagian dalam karnaval topeng di Lamandau.

“Semua daerah di Kalteng telah kami surati dengan tanda tangan Sekda dan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, hingga hari ini (Minggu 29/9), sudah 4 Kabupaten menyatakan kesediaannya, semoga nanti saat pelaksanaan semua Kabupaten/kota dapat bergabung,” ungkapnya.

“Konsepnya setiap kelompok membawa topeng masing-masing daerah dan akan diperlombakan, kami yakin karnaval ini akan menjadisalah satu acara yang menarik pengunjung yang hadir menyaksikan Festival Babukung 2019 di Lamandau,” tukasnya.

Selain Karnaval topeng, berbagai acara dan kegiatan telah disiapkan panitia selama Festival Babukung 2019 ini, diantaranya acara pembukaan dengan ritual adat dan pertunjukan musik etnik pada tanggal 11 Oktober, kemudian di hari kedua (12/9), ada kegiatan lomba mewarnai topeng, wokshop tari topeng, talkshow, meet and great, dan pagelaran tari topeng. Sedangkan di hari terakhir ada acara ritual adat panggolaran, workshop ukir topeng dan acara penutupan atau pertunjukan musik.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *