Dewan Minta Pemda Maksimalkan Peran Penyuluh Pertanian

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Ketua DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rusdi Ghozali meminta pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk dapat lebih memaksimalkan peran para penyuluh pertanian lapangan atau PPL.

Pasalnya, lanjut Rusdi Ghozali, peran dari penyuluh pertanian ini sangat penting untuk mendampingi serta memberikan penyuluhan kepada masyarakat petani terutama yang ada di wilayah pedesaan, sehingga hal ini perlu menjadi perhatian.

banner 336x280

“Agar masyarakat petani bisa berkembang dan sukses dalam menjalankan usahanya sangat diperlukan pendampingan serta bimbingan dari pemda melalui penyuluh pertanian,” ucapnya.

Rusdi Gozali mengatakan, keberadaan penyuluh pertanian ini setidaknya pada satu desa memiliki satu penyuluh, dan apabila di daerah-daerah mengalami kekurangan tenaga penyuluh pertanian hendaknya bisa ditambah.

“Tanpa adanya pendampingan maupun bimbingan, para petani atau kelompok tani di desa-desa itu sulit untuk berinovasi dan berkembang, tidak jarang juga usaha pertanian mereka gagal,” tuturnya.

Dengan peran penyuluh pertanian memberikan pendampingan diharapkan masyarakat petani bisa berinovasi dalam mengembangkan usaha pertanian kearah yang lebih baik dan memaksimalkan hasil produksi.

“Hasil produksi pertanian masyarakat ini juga bisa dimanfaatkan oleh daerah untuk memperkuat ketahanan pangan. Jadi, penting jika petani-petani ini didampingi dalam mengembangkan usahanya,” pungkasnya. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *