Bupati Lamandau Imbau Seluruh OPD Memahami SAKIP

banner 468x60

Bayu Harisma

Kotawaringin News, Lamandau – Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, memimpin Rapat Evaluasi Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) Dan Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Aula Bappeda Kabupaten Lamandau, Rabu (28/8).

banner 336x280

“Selain membahas pelaksanaan TPP, rapat kemarin juga membahas strategi peningkatan evaluasi SAKIP Kabupaten Lamandau dari CC ke BB pada tahun 2020,” ungkap Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, saat dikonfirmasi wartawan, Jumat 30 Agustus 2019.

Hadir dalam rapat itu, seluruh kepala OPD, Kabag dan Kasubag bagian perencanaan Setda setempat serta camat se Kabupaten Lamandau. Dalam rapat ini dibahas mengenai pelaksanaan TPP yang rencananya akan direalisasikan bulan September 2019.

“Selain itu, juga telah dibahas mengenai tindak lanjut pertemuan Saya dengan Deputi Kementerian PAN-RB Bapak Muhammad Yusuf Ateh, hari Senin 26 Agustus 2019 lalu di Jakarta,” imbuhnya.

Hendra Lesmana berpesan kepada seluruh OPD agar dapat mengerti dan memahami tentang SAKIP, sehingga seluruh OPD dapat menjalankan tupoksinya sesuai dengan ketentuan.

“Harus berorientasi pada hasil kinerja, bukan pada serapan anggaran. Selain itu perencanaan dan penganggaran juga harus sejalan dengan RPJMD, Renja, Renstra perangkat daerah,” tegasnya.

Diketahui, SAKIP bukanlah kontestasi yang sekedar memberikan penghargaan kepada instansi pemerintah, namun merupakan indikator yang menunjukkan bagaimana tata kelola setiap instansi pemerintah berjalan, bagaimana pertanggungjawaban terhadap penggunaan anggaran, budget saving, outcome yang bermanfaat bagi masyarakat, dan bermuara pada perbaikan kwalitas pelayanan publik.

Hendra berkomitmen penuh untuk menjalankan semua rencana aksi yang bertujuan untuk meningkatkan nilai SAKIP yang saat ini masih berpredikat CC. Pembenahan dan penyempurnaan dalam memformulasikan dokumen perencanaan serta refocusing program merupakan langkah strategis yang dilakukan dalam meningkatkan nilai SAKIP, sehingga berdampak pada peningkatan kwalitas pelayanan publik dan terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa dapat terwujud di Bumi Bahaum Bakuba.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *