Menu

Warga Bangun Rumah Sesajen untuk Sosok Gaib Penunggu SMAN 1 Aruta

Pangkalan Bun, KNews – Buntut kesurupan massal yang dialami puluhan siswa SMA Negeri 1 Aruta kecamatan Arut Utara saat menggelar latihan Paskibra belum lama ini berbuah mistis. Warga membangun rumah sesajen tidak jauh dari lingkungan sekolah. Bangunan miniatur menyerupai rumah adat tersebut dibangun warga dari kayu dengan ketinggian bangunan kurang lebih dua meter. Dibangun atas permintaan roh halus penunggu SMP Negeri 1 Aruta.

“Rumah sesajen itu kami buat tanggal 14 Agustus 2017 sehari setelah beberapa murid SMAN 1 Aruta kesurupan. Itu merupakan permintaan dari roh halus yang merasuki puluhan siswa,” ujar Yoyo, warga setempat saat diwawancarai Kotawaringin News, Sabtu (19/8).

Sebelum membangun rumah sesajen, warga juga menmggelar ritual di kediaman ketua suku Dayak Pangkut sekaligus mengobati Rahmadi, siswa SMAN 1 Aruta yang terus dirasuki roh halus. Dalam ritual itu, Rahmadi meminta sesaji berupa ayam, tuak, kue cucur, rokok dan pinang sirih.

Tetua adat Dayak Pangkut Kecamatan Arut Utara saat menggelar riutal penyembuhan siswa yang kesurupan, Minggu (13/8). (Suhud MS)

“Sesajen disediakan bertujuan agar penduduk setempat dijauhkan dari bala dan bencana serta diberikan keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa,” tambah Yoyo.

Kejadian mistis tersebut berawal ketika Rahmadi, mengikuti sesi latihan bersama teman-temannya untuk persiapan upacara bendera pada hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-72 di lapangan desa. Ia tiba-tiba pingsan kemudian berteriak histeris. Tidak hanya Rahmadi, puluhan siswa yang berada di lokasi juga ikut kesurupan.

“Kami berharap setelah permintaan dari roh yang merasuki para siswa kami turuti, tidak ada lagi gangguan-ganguan ke depannya. (Suhud MS/CH)

No comments

Tinggalkan Balasan

Panglima Utar

Sensus Penduduk 2020

Ikuti Kami Di Facebook