PT NAL Berikan Apresiasi Kepada Mitra Terbaik

banner 468x60

Kotawaringin News, Lamandau – PT Nirmala Agro Lestari (NAL) kembali memberikan reward kepada mitra mitra terbaiknya. Mitra terbaik perusahaan dibawah bendera PT Astra Agro Lestari tersebut merupakan koperasi atau petani kelapa sawit yang secara rutin mengirim dan menjual tandan buah segar (TBS) mereka ke pabrik PT NAL.

Salah satu mitra terbaik yang terpilih tahun ini adalah KUD Bukit Raya di Desa Bukit Makmur Kecamatan Mentobi Raya Kabupaten Lamandau. KUD Bukit Makmur bermitra sejak 2016 sampai sekarang dengan rata-rata produksi 200 ton per hari. Jka dikalkulasi dengan produksi inti PT NAL, KUD Bukit Makmur memberikan kontribusi sekitar 30% dari total produksi harian. Hal ini menyebabkan hasil produksi para petani yang bernaung di KUD Bukit Raya dapat tersalurkan dengan baik.

banner 336x280

KUD Bukit Raya beranggotakan kurang lebih 2.038 Petani kelapa sawit, dengan luas kebun sekitar 4.000 hektare. Melihat potensi ini anggota koperasi Bukit Raya mitra PT NAL mengalami peningkatan pendapatan dari hasil penjualan TBS.

Pada 24 November Tahun 2021, KUD Bukit Raya mendapatkan reward 1 unit sepeda motor CBR 250 CC sedangkan tahun 2020 KUD Bukit Raya mendapatkan reward berupa Pupuk kelapa sawit sebanyak 10 ton.

Ketua Koperasi KUD Bukit Raya Ade Saprudin menyambut baik reward dari PT NAL ini, berupa bantuan 1 unit sepeda Motor CBR 250 cc. Ade berharap bantuan ini merupakan bagian dari komitmen PT NAL dalam memberikan apresiasi kepada mitra mitra yang loyal mengirim TBS. Selanjutnya, semoga bantuan ini dapat bermanfaat untuk kendaraan operasional Koperasi sehingga tidak ada kendala dalam koordinasi dan pendampingan petani anggota koperasi.

Partnership Area Manajer (PSAM) Wilayah Kalteng Mansyur Manurung menegaskan pemberian reward kepada Mitra Loyal PT NAL merupakan program tahunan bagi perusahaan untuk meningkatkan Kerjasama di tingkat mitra dan perusahaan. Perusahaan Astra Agro Lestari sangat memperhatikan kenyamanan pelanggan dimana jalinan Kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak untuk kesejahteraan para petani dan anggota Koperasi menjadi tujuan utama. Karenanya, kata dia, #prosperwiththenation menjadi cita-cita peusahaan sejahtera Bersama bangasa termasuk masyarakat sekitar.

Mansur melanjutkan, adapun program program yang ditawarkan kepada mitra PT NAL baik untuk KUD, petani perorangan maupun untuk masyarakat umum berupa proram pupuk, program kecambah, program Analisa daun, kredit mobil transportasi maupun alat berat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktifitas TBS per hektar baik di tingkat KUD maupun di petani mitra.

Senada, Manajemen PT NAL yang disampaikan langsung oleh W. Sukamto selaku Partnership Operational Officer (POO) PT NAL Sukam merinci, selain mendapatkan reward, awarding penghargaan, semua mitra loyal berkesempatan mendapatkan pembinaan dan pendampingan (PP) secara langsung dan kontrak kemitraan (KK) dalam bentuk pinjaman pupuk, transport, perbaikan infrastruktur serta membantu melakukan penelitian Analisa daun untuk melihat kebutuhan pupuk perhektar sawit.

“Faslitas yang diberikan oleh Astra Agro Lestari kepada petani mitra merupakan salah satu kemudahan agar para petani merasakan manfaat bermitra dengan PT NAL. Penelitian daun misalnya yang akan diteliti dengan mengambil sampel daun kelapa sawit dari kebun petani mitra untuk melihat tingkat kebutuhan pupuk setiap pokok disetiap hektarnya. Fasilitas ini sangat membantu petani jika dalam aplikasi pupuk selama ini kemungkinan tidak sesuai kadar atau dosis yang diberikan. Oleh karenanya sangat penting bagi petani mitra mengetahui dosis pupuk yang diberikan setiap hektarnya sehingga tumbuh kembang tanaman dapat menghasilkan produksi yang maksimal,” ujar Sukamto.

Dengan demikian, kata dia, harapan manajemen PT NAL kepada para mitra agar memanfaatkan fasilitas yang sudah disiapkan oleh manajemen agar kedepannya KUD, petani mitra dan masyarakat yang bermitra dengan PT NAL dalam merasakan langsung manfaatnya untuk meningkatkan produktifitas buah sawit petani yang pada akhirnya dapat meningkatkan sesejahteraan para petani. (Rls/BH/K2)

 

 

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *