oleh

Program Pemberdayan Masyarakat PT KPC Tebar Manfaat untuk Desa Sekitar

Kotawaringin News, Lamandau – PT Kapuas Prima Coal (KPC) Tbk memiliki berbagai program sosial kemasyarakatan yang manfaatnya banyak dirasakan oleh masyarakat khususnya yang berada di desa sekitar perusahaan. Selain program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Comdev, PT KPC juga memiliki Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Belum lama ini, salahsatu program PPM PT KPC diwujudkan dalam bentuk bantuan perbaikan generator milik Desa Bayat, Kecamatan Belantikan Raya. Generator dengan kapasitas daya sebesar 150 KVA itu mengalami kerusakan hingga mengakibatkan 350 rumah di desa tersebut tak bisa menikmati pasokan listrik selama berbulan-bulan.

“Kerusakan generator terdapat pada bagian mesin yang vital yakni dinamo, kami (PT KPC) membantu melakukan perbaikan dan mekanik kami sudah dapat mengatasinya meski harus memakan waktu cukup lama yaitu lima bulan,” kata S. Wibowo, Humas Site Ruwai PT KPC, Senin 14 Juni 2021.

Dia menyebut, perbaikan generator tersebut kini telah selesai, meski biaya perbaikan yang dikeluarkan cukup besar namun PT KPC menanggung semuanya karena perbaikan dicover dalam program PPM.

“Alhamdulillah kita bersyukur akhirnya perbaikan generator telah rampung dan mesin (generator) telah kita serahkan kembali kepada pemerintah Desa Bayat langsung melalui pak kades (Matias Sandi),” ujarnya.

Manajemen PT KPC tengah menyerahkan bantuan berupa laptop. (Istimewa)

Selain itu, PPM PT KPC juga direalisasikan di Desa Bintang Mangalih, Kecamatan Belantikan Raya. PT KPC telah menyerahkan bantuan berupa dua unit laptop. Bantuan tersebut masing-masing diperuntukan bagi pemdes dan juga lembaga pendidikan Taman Kanak-Kanak (TK) di desa tersebut.

“Kita ikut prihatin karena sejumlah perlengkapan kerja milik pemdes dan TK ternyata terdampak banjir yang terjadi pada beberapa waktu lalu. Bersamaan dengan adanya usulan leptop dari pemdes dan TK maka kami realisasikan dalam program PPM ini, bantuannya pun telah diserahkan secara langsung,” katanya.

Selebihnya, S. Wibowo memastikan PT KPC tetap berkomitmen menebar manfaat di tengah masyarakat. Keberadaan PT KPC tidak hanya orientasi bisnis semata melainkan berupaya selalu berperan aktif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya. (H/BH/K2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed