PKS PT PAM di Kolam Tidak Memiliki Kebun Inti

banner 468x60

Tumarno

Kotawaringin News, Lamandau – Berdirinya pabrik kelapa sawit (PKS) PT Palma Agro Indomandiri (PAM) di Desa Dawak Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dianggap janggal oleh sejumlah pihak. Pasalnya, pabrik CPO tersebut tidak memiliki kebun. Bukan hanya itu, kemitraan dengan kebun masyarakat juga dipertanyakan. 

banner 336x280

“Bukannya syarat berdirinya PKS itu harus memiliki bahan baku sendiri minimal 20 persen dari kapasitas olah?,” tanya Muhammad Ridwan, salah seorang tokoh masyarakat di Kabupaten Kobar, heran.

Sedangkan, lanjut dia, PT PAM dipastikan tidak memiliki kebun kelapa sawit sendiri yang akan menjadi bahan olah. Bahkan, kemitraan dengan pihak lain yang memiliki kebun juga masih dipertanyakan. Padahal, rencana kapasitas olah perusahaan pengolahan buah sawit itu kabarnya mencapai 60 ton per-jam. 

Pihak PT PAM belum bisa dimintai konfirmasi. Saat disambangi ke lokasi pembangunan PKS, sejumlah pekerja di sana yang ditemui media ini mengaku tidak tahu-menahu terkait status perusahaan yang sedang dibangunnya.

“Saya hanya mandor mas. Sebaiknya langsung bertemu manager saja pak Ganda Siahaan,” kata Riswanto, seorang mandor proyek pembangunan PKS PT PAM di lokasi proyek beberapa hari lalu. Sementara, Ganda Siahaan belum bisa ditemui karena sedang tidak berada di tempat. 

Kepala Desa Dawak, Pelem, yang ditemui awak media mengatakan kehadiran PKS PT PAM sebelumnya sempat berkomunikasi dengan pemerintah desa. Namun, pihaknya tidak mengetahui terkait dokumen perusahaan tersebut, apakah sudah memiliki izin atau belum. Dari pihak pemerintah desa sendiri, ujar Pelem, tidak mengeluarkan selembar dokumen pun. 

“Memang ada minta persetujuan masyarakat. Ada sekitar 200 warga yang tanda tangan, tapi se-Kotawaringin Lama, bukan warga desa sini saja,” beber Pelem. Warga tersebut semuanya memiliki kebun kelapa sawit. Namun, Kades tidak tahu apakah kapasitas produksi buahnya mencapai 20 persen atau tidak. (gza)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *