Pj Bupati Kobar Dorong BUMD terus Berkembang

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Pemerintah terus berupaya meningkatkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Kotawaringin Barat. Salah satunya, dengan menggelar seminar dalam menggali potensi yang dimiliki daerah setempat. Kali ini melibatkan dua Perumda PDAM Tirta Arut dan BPR Marunting Sejahtera.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Mercure dan dibuka langsung oleh Pj Bupati Kobar Budi Santosa. Selain itu dihadiri Direktur BUMD, BLUD dan Barang Negara Pusat Drs H Yudia Ramli,MSI dan Kasubdit BUMD Lembaga Keuangan dan Aneka Usaha serta Direktur PDAM Tirta Arut Sapriansyah serta Direktur BPR Marunting Sejahtera, Amoni Hulu, Sabtu (20/1/2024).

banner 336x280

Menurut Pj Bupati Kobar Budi Santosa, bahwa dengan adanya kegiatan ini, pihaknya ingin menta manajeman BLUD dan BUMD milik Kobar. Sehingga nantinya dapat dirawat dan dikelola dengan sebaik-baiknya. Dan nantinya seluruh staf dapat melaksanakan tugasnya dengan baik bagaimana mengelola sebuah BUMD yang tepat. Dengan mengembangkan perusahaan daerah ini kedepan juga bukan hanya mendapatkan pendapatan atau keuntungan.

Tetapi, lanjut dia, bagaimana dapat dikelola dan mampu berkontribusi buat daerah. Sehingga perekonomiannya sendiri harus terus bergerak maju kedepan.

“Kami ingin agar kedepan juga perusahaan  daerah ini juga dapat menghasilkan deviden. Hasilnya nantinya untuk kepentingan masyarakat salah satu contohnya menambah jaringan PDAM,” katanya.

Sementara Direktur BUMD, BLUD dan BMD Dirjen Keunhan Daerah Kementrian Dalam Negeri Yudia Ramli memberikan apresiasi kepada Perumdam Tirta Arut, atas inovasinya membuat produk air minum dalam kemasan (AMDK) Banyu Kinum.

Yuda Ramli mengatakan, dengan inovasi yang dijalankan tersebut tentu PDAM akan berkembangan dan mampu memberikan deviden kepada daerah. “AMDK Banyu Kinum ini sangat bagus, kalau tidak berkreasi dengan membuat air minum kemasan, tentu akan sulit berkembang. Karena PDAM ini orientasinya pada pelayanan,” ujarnya.

Diungkapkannya, bahwa prinsip dan filosofi BUMD itu ada tiga, yaitu untuk menggerakkan perekonomian, kedua mendatangkan kemanfaatan umum dan yang ketiga yaitu menghasilkan deviden.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Perumdam Tirta Arut Sapriansyah mengungkapkan kedatangan Direktur BUMD, BLUD dan BMD Kemendagri, ini sangat luar biasa dan menjadi sejarah di Kobar. “Dan tentunya motivasi bagi kami, bagaimana pengelolaan BUMD khsusunya PDAM ini bisa tertata dengan baik, sehingga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Kotawaringin Barat,” ungkapnya. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *