Pemkab Lamandau Siap Hadapi Ancaman Karhutla

banner 468x60

Kotawaringin News, Lamandau – Bupati Lamandau, Hendra Lesmana memastikan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat siap dan telah memulai melakukan antisipasi ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) musim kemarau 2023.

“Beberapa langkah antisipasi karhutla telah mulai kami laksanakan untuk meminimalkan potensi kebakaran hutan dan lahan tahun ini,” kata Bupati Hendra di Nanga Bulik, Jumat, (28/4).

banner 336x280

Diantara upaya antisipasi itu seperti melakukan patroli rutin ke daerah rawan Karhutla, edukasi larangan dan ancaman sanksi tegas yang diterapkan terhadap masyarakat maupun perusahaan yang membakar lahan dengan sengaja dan sosialisasi tentang dampak kebakaran hutan.

Selain itu, terang Bupati, saat ini Pemkab Lamandau juga terus memastikan berbagai peralatan pemadam kebakaran yang dimiliki dalam kondisi siap beroperasi serta memastikan kesiapsiagaan personel.

“Kami juga terus menjalin koordinasi dengan berbagai pihak seperti pemadam swakarsa, TNI, Polri dan berbagai pihak untuk mendeteksi dini potensi karhutla,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lamandau, Gustoni mengatakan, pihaknya bersama sejumlah instansi terkait juga telah melaksanakan apel dan simulasi penanggulangan bencana sebagai bentuk kesiapan menghadapi ancaman karhutla.

“Melalui simulasi ini kita bisa mengevaluasi apa saja yang perlu dipertahankan atau bahkan perlu ditingkatkan,” tandasnya.(din/BH)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *