oleh

Pemkab Lamandau Apresiasi TMMD Kodim 1017/Lmd

Kotawaringin News, Lamandau – Sebagai bentuk operasi bhakti dan sinergi antara TNI dan pemerintah demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat, Komando Distrik Militer (Kodim) 1017/Lmd melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke-111.

Kegiatan yang rencananya akan berlangsung selama satu bulan penuh itu dilaksanakan di desa Mengkalang, Kecamatan Batang Kawa.

Selasa 15/6/2021, kegiatan itu dibuka langsung oleh Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, di aula Makodim Lamandau. Selain Bupati, turut hadir pula, Wakil Bupati Lamandau, Riko Porwanto, Ketua DPRD Lamandau, M Bashar, Sekda Lamandau, M Irwansyah, Kapolres dan sejumlah kepala OPD.

Dalam sambutannya, Bupati Hendra mengatakan bahwa Pemkab Lamandau sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan TMMD itu. Menurutnya, dengan adanya TMMD maka akan dapat mempercepat pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Lamandau.

“Sebagaimana kita ketahui, Lamandau sebagai Kabupaten pemekaran masih terdapat banyak kekurangan dalam pelaksanaan pembangunan, khususnya infrastruktur. Ditambah lagi dengan keterbatasan anggaran mewajibkan daerah harus memprioritaskan program dan kegiatan tertentu, sehingga tidak mungkin mengakomodir semua kebutuhan yang diusulkan masyarakat,” ungkapnya.

Sebab itu, lanjut dia, kegiatan TMMD ini sangat membantu kita dalam rangka pelaksanaan pembangunan di wilayah Kabupaten Lamandau. Selain mendapatkan manfaat, melalui TMMD ini juga dapat mempererat tali silaturrahim dan kemanunggalan antara TNI dengan masyarakat dapat tercipta.

“Pemilihan daerah Batang Kawa sebagai lokasi TMMD sangat tepat untuk kita berikan dorongan perbaikan infrastruktur. Terlebih daerah ini memiliki bentang infrastruktur yang jauh menyebabkan kurang maksimalnya perawatan,” ujarnya.

Sementara, dalam kesempatannya Dandim Lamandau, Letkol Inf Hafes Is Jafrin, menyebut bahwa kegiatan TMMD dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mensukseskan program pemerintah dan menjalin hubungan yang harmonis antara masyarakat dan TNI.

“Selain itu juga untuk menunjukkan bahwa TNI bukan hanya alat negara yang memikul senjata, namun juga sebagai mitra pemerintah dalam membangun perkembangan masyarakat,” ucap Dandim saat ditemui wartawan usai pembukaan TMMD.

Dalam pelaksanaan TMMD nantinya, selain sasaran fiaik seperti infrastruktur jalan dan drainase, juga akan dilaksanakan kegiatan dengan sasaran non fisik, seperti sosialisasi wawasan kebangsaan, hukum, kesehatan, stunting dan juga Karhutla.

Diketahui, dalam acara pembukaan TMMD itu, juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana dan Dandim Lamandau, Letkol Inf Hafes Is Jafrin tentang pelaksanaan TMMD Imbangan ke-111 di Desa Mengkalang.(DN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed