Pemkab Kobar Apresiasi Positif Upaya Lestarikan Bahasa Daerah

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) mengapresiasi Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) 2023 Bahasa Melayu Dialek Kotawaringin yang digelar Balai Bahasa Provinsi Kalteng di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), dibuka Selasa, 7 hingga 9 November 2023.

Mewakili Pj Bupati Kobar Budi Santosa, Asisten 1 Setda Kobar Tengku Alisjahbana mengatakan, upaya revitalisasi bahasa daerah tersebut, pastinya wajib didukung dan diteruskan oleh pihaknya di wilayah tugasnya.

banner 336x280

“Seperti yang disampaikan oleh Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalteng, tujuan utama kegiatan ini adalah bagaimana bahasa daerah bisa lestari dan para siswa sebagai generasi penerus bisa mencintai serta tetap bisa menuturkan bahasa daerah, khususnya di Kobar yaitu Bahasa Melayu Dialek Kotawaringin,” jelas Tengku Alisjahbana.

Menurut Tengku Alisjahbana, Pemkab Kobar melalui instansi terkait, kedepan juga bakal menggelar kegiatan serupa hingga ke tingkat kecamatan, ujarnya, Kamis (9/11/2023).

“Selain itu, kami akan terus mendorong upaya mensosialisasikan bahasa daerah oleh tenaga pendidik pada generasi muda khususnya dari anak TK, SD, SMP ini bisa mencintai dan berbahasa daerah. Karena bahasa daerah adalah identitas dan cikal bakal daripada adanya suatu budaya yang tumbuh di daerah itu sendiri,” jelas Tengku Alisjahbana.

Seperti diberitakan, FTBI Provinsi Kalteng 2023 ini merupakan rangkaian akhir kegiatan Pelatihan Guru Utama Revitalisasi Bahasa Daerah (RBD) telah selesai.

Di Kabupaten Kobar kegiatan FTBI Bahasa Melayu Dialek Kotawaringin tersebut diikuti oleh lebih dari 72 siswa peserta lomba dari SD hingga SMP. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *