Maksimalkan Potensi Budidaya Ikan Lokal

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Sutiyana, mendorong pemerintah setempat untuk dapat memaksimalkan potensi budidaya ikan lokal Kotawaringin Barat.

Pasalnya, kebutuhan akan ikan lokal setiap tahun pastinya meningkat, sehingga dengan memaksimalkan budidaya maka stok ikan akan dapat terus terpenuhi terlebih lagi ikan-ikan yang banyak dicari misalnya gabus.

banner 336x280

“Budidaya ikan lokal ini selain untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat juga sebagai upaya pelestarian, apalagi ikan lokal endemik yang tergolong langka perlu di budidaya,” ucapnya, Senin, 6 November 2023.

Menurutnya, potensi budidaya ikan menjadi salah satu usaha primadona saat ini, sebab dapat menguntungkan bagi peningkatan perekonomian, namun untuk kita sendiri budidaya ikan masih tergolong belum maksimal.

“Apalagi seperti budidaya ikan gabus, masih belum ada yang benar-benar bisa memnuhi kebutuhan. Untuk mendapatkan ikan ini kebanyakan dari masyarakat menangkapnya di sungai-sungai,” ujarnya.

Potensi inilah yang hendaknya bisa dilirik oleh pemerintah daerah bekerja sama dengan masyarakat dalam pengembangan ikan lokal tersebut, sehingga keberadaannya akan mudah dicari dan bisa memenuhi kebutuhan daerah.

“Kebanyakan kebutuhan ikan juga masih didatangkan dari daerah lain, maka dari itu sangat penting untuk memaksimalkan budidaya ikan di Kalteng, sebab pangan itu tidak hanya dari sektor pertanian saja tapi juga perikanan,” imbuhnya. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *