Kodim 1014/PBN Pamerkan 11 Jenis Senjata Tempur

banner 468x60

Pangkalan Bun, KNews – Sedikitnya sebelas jenis senjata untuk keperluan tempur dipamerkan oleh Kodim 1014/PBN pada gelaran Kobar Expo 2017 yang berlangsung di area Pangkalan Bun Park.

Dari sebelas jenis tersebut diantaranya adalah jenis SPR-2 (Senapang Penembak Runduk) yang merupakan salah satu jenis senjata canggih yang di miliki oleh TNI dengan klasifikasi sebagai berikut senjata tersebut berbobot 16 kilogram, dengan panjang 1550 milimeter, beamunisikan magazen box dengan jumlah 5 butir peluru dengan ukuran 12,7 x 99 mm, yang mana memiliki jarak efektif sejauh 2000 sampai 2100 meter. Hebatnya lagi senjata yang dilengkapi dengan alat bidik berupa teleskopik tersebut berasal dari Indonesia yang mana dibuat oleh PT. Pindad

banner 336x280

Selain senjata asal Indonesia Kodim 1014/PBN juga memamerkan SMB (Senjata Mesin Berat) asal Amerika yang di produksi pertama kali pada tahun 1921, salah satu kegunaan senjata tersebut adalah untuk menembaki serta menjatuhkan pesawat, senjata tersebut memiliki berat 38 kilogram yang mana jika ditambah berat dari kaki-kakinya (tripod) menjadi 58 kilogram, senjata tersebut berpelurukan kaliber 50 inci atau 12,7 milimeter, dengan rata-rata tembakan 550 butir per menit dengan kecepatan peluru 940 meter per menit dengan jarak efektif tembakan sejauh 2000 meter. Yang mana kedua senjata tersebut dipinjam dari satuan Batalion Raider 631 Antang Palangkaraya.

Dandim 1014/PBN Letkol Inf Wisnu Kurniawan mengatakan hal tersebut bertujuan untuk “memperkenalkan alutsista yang dimiliki TNI, agar masyarakat bangga terhadap TNI” ucap Wisnu melalui obrolan Whatsaap, Selasa (10/10/2017).

Sementara itu Farhan warga Kumai yang menyambangi stand milik Kodim 1014/PBN bersama istri dan ketiga anaknya mengaku senang dan bangga, “luar biasa, artinya perlengkapan TNI kobar Alhamdulillah” ucapnya.

Lanjutnya, ini pertama kalinya ia bisa memegang serta melihat sacara langsung. “Senangnya lagi diperbolehkan megang dan berfoto, anak-anak juga antusias” imbuhnya sambil menunjuk ke arah anak anaknya yang sedang asik melihat dan berfoto bersama senjata yang di pamerkan.

Hal senada juga disampaikan oleh M. Nur Rozak siswa SMKN 1 Pangkalan Bun yang tengah berkunjung bersama teman teman satu kelasnya. “Senang banget bang, soalnya selama ini hanya bisa melihat di televisi, Keren aja bawaannya bisa megang dan foto sama senjata asli yang ternyata berat, pantas TNI badannya bagus bagus” ungkap Rozak. (Hendri/KNews-3)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *