oleh

Jelang Pilkada 2020 Polres Mura Gelar Simulasi Pengamanan TPS

Kotawaringin News, Polres Murung Raya – Menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2020, Polres Murung Raya (Mura) Polda Kalteng gelar Simulasi Pengamanan TPS di Gedung GPU Tira Tangka Balang Jl. Letjend Soeprapto Puruk Cahu, Kec. Murung, Kab. Murung Raya, Kamis (12/11/2020) pukul 09.30 WIB.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakapolres Mura Kompol Wawan Ariananda, S.H., Kabagops AKP Budi Nugroho, S.H, Danki 631 Antang, Ketua KPU Sanjaya, M.Pd., Perwakilan Bawaslu dan Kadis Kesehatan Suria Siri.

Kapolres Mura AKBP I Gede Putu Widyana, S.H., S.I.K., M.H melalui Kabagops Polres Mura AKP Budi Nugroho, S.H menjelaskan, kegiatan simulasi ini dalam rangka menghadapi Pilkada 2020 di Kab. Mura.

“Untuk menjaga keamanan pelaksanaan serta mendukung pelaksanaan Pemilu 2020 mendatang, jajaran Polres Mura siap terjun langsung dalam melakukan pengamanan hingga tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ucap AKP Budi.

Pada pelaksanaan simulasi pengamanan ini, tidak hanya anggota Linmas saja yang terlibat pengamanan namun Personil Polres Mura juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

“Pelatihan simulasi ini kita libatkan para personil, sehingga personil dapat melihat gambaran dilapangan saat melakukan tugas pengamanan di TPS, sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat saat terjadi kendala yang nantinya muncul di lapangan,” jelasnya.

Dalam simulasi yang digelar ini dilakukan dengan skenario saat salah satu oknum masyarakat yang di cek suhu tubuhnya memakai Thermo Gun memiliki suhu tubuh diatas 38 celcius tidak terima ditempatkan di TPS khusus sehingga mencoba untuk membuat kegaduhan dan membawa sajam mengancam akan merusak kotak TPS, sehingga tim tindak dalmas mengamankan provokator agar membuat situasi menjadi kondusif kembali.

Sementara, Kapolres Mura meminta semua lapisan personil Polres Mura terlibat Pam TPS, karena simulasi ini akan dievaluasi secara bersama dari pihak terkait, KPU, Bawaslu dan Satgas Covid-19.

“Kita dapat menyaksikan aksi dari simulasi pengamanan TPS secara bersama-sama, kemudian kita bisa evaluasi, sehingga pada saat hari H nanti, para personil dapat melaksanakan tugas sesuai dengan SOP, agar pencoblosan dapat berjalan lancar,” tuturnya.

Kapolres berharap kepada seluruh anggota agar mengikuti dan menyimak dari simulasi pengamanan TPS, sehingga dapat menjadi bahan refensi. (van)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed