Gosong Senggora bakal Jadi Kawasan Konservasi Nasional

banner 468x60

Kumai, KNews – Gosong Senggora yang berada di wilayah Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, bakal jadi Kawasan Konservasi Nasional. Dengan luas kurang lebih 100 hektare, Gosong Senggora ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil dengan menawarkan keindahan pasir putih yang bersih, air laut yang bening, aneka ragam ikan laut yang indah.

Menurut Anggota Komisi IV DPR RI Daerah Pemilihan Kalimantan Tengah, Hamdhani, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), segera menjadikan Gosong Senggora menjadi Kawasan Konservasi Nasional. Kawasan konservasi nasional adalah kawasan yang dilindungi, dikelola dengan sistem zonasi, untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya dan lingkungannya secara berkelanjutan. “Persoalannya tinggal menunggu pengelolaannya. Dikelola oleh pemda atau pusat,” ujar dia.

banner 336x280

Gosong Senggora merupakan rumah bagi berbagai jenis karang langka seperti Himerometra robustipinna yang berwarna merah dan ungu. Terdapat pula rumput laut berdaun lebar yang dikenal dengan nama Lamun di dasar perairan. (BH)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *