Digitalisasi, Target Pemkab Kobar Guna Mengoptimalkan Pendapatan Daerah

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dalam hal ini Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menggelar acara High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun 2023, di Aula Kantor Bupati Kobar, Senin (26/6/2023).

Digitalisasi berbagai sektor khususnya dalam hal proses transaksi keuangan yang berhubungan dengan pendapatan daerah, kedepan akan dioptimalisasikan lagi oleh Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar) khususnya melalui Bapenda.

banner 336x280

Kepala Bapenda Kobar, Muhammad Nursyah Ikhsan, usai kegiatan High Level Meeting Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD), menjelaskan rapat koordinasi ini dilakukan untuk melakukan evaluasi dan monitoring progres sudah sejauh mana pelaksanaan digitalisasi di Kabupaten Kobar.

Muhammad Nursyah Ikhsan, menjelaskan, bahwa kegiatan ini kami juga menerima berbagai masukan, arahan serta pertanyaan dari semua SOPD terkait dan stakeholder pendukung untuk menemukan hambatan yang ditemui dalam proses digitalisasi tersebut.

Sehingga, lanjut Muhammad Nursyah Ikhsan, digitalisasi pada semua pelayanan terhadap masyarakat itu bisa lebih efektif lebih efisien lebih transparansi dan lebih akuntabel.

“Sebagai contoh dalam hal digitalisasi pajak rumah makan dan hotel”, sebut Ikhsan.

Kedepannya, proses pembayaran akan ditempatkan alat khusus yang bisa secara langsung mencatat dan memungut pajak dalam transaksi pembayaran.

Tetapi kita juga perlu melakukan kajian lagi agar hak tersebut tidak menyebabkan kerugian pada masyarakat, misalnya malah ada biaya tambahan administrasi dalam pelaksanannya yang tentunya membebani masyarakat, jelas Iksan.

Iksan juga menyampaikan dengan adanya digitalisasi tersebut, kedepan akan lebih memudahkan lagi masyarakat untuk melakukan pembayaran berbagai pajak diantaranya adalah Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

“Sehingga masyarakat bisa membayar, mengecek kapan jatuh tempo dan lainnya dengan mudah melalui aplikasi berbasis android.”

Pastinya untuk mewujudkan digitalisasi dalam berbagai bidang ini diperlukan dukungan dari stakeholder seperti perbankan guna menyediakan kanal pembayarannya, pungkasnya. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *