oleh

Awas Kejahatan Hipnotis saat Libur Natal dan Tahun Baru

JORDAN

Kuala Pembuang, Kotawaringin News – Masyarakat yang berencana mudik atau liburan pada libur Natal dan Tahun Baru harus waspada dari ancaman kejahatan gundam (hipnotis). Pasalnya, pelaku kejahatan ini biasa memanfaatkan masyarakat yang lengah untuk menjalankan aksinya. Kejahatan dengan modus gundam ini sering terjadi baik ditempat sepi maupun di keramaian.

Kapolres Seruyan AKBP Nandang Mu’min Wijaya menghimbau supaya masyarakat selalu waspada. “Yang perlu diwaspadai saat ini adalah kejahatan dengan aksi hipnotis. Setiap ada perjalanan jauh dan membawa benda yang berharga saya selalu mengintruksikan masyarakat selalu waspada. Karena kejahatan terjadi apabila ada kesempatan, tidak selalu terencana,” kata dia, Kamis (14/12/2017).

Selain di tempat sepi atau tempat peristirahatan saat perjalanan menggunakan kendaraan, masyakarat juga diminta waspada saat berada di tempat pengambilan uang di Bank atau di mesin anjungan tunai (ATM). Terlebih ketika masyarakat hendak mengambil uang di bank dalam jumlah besar. Mintalah pengawalan dari pihak berwajib.

“Kalau ingin meminta bantuan kepada kami, kami siap membantu, dan tidak ada pungutan biaya apapun,”  katanya.

Ia tegaskan hal itu guna mencegah pelaku melakukan tindak kejahatan.  “Untuk pelaku hipnotis justru kita tidak bisa melihat secara langsung. Mereka berada di keramaian dan kerap bersahabat. Dari beberapa pengalaman korban hipnotis, awalnya pasti didekati, akrab dan memberikan minum dan lainnya, saat itulah aksinya dilakukan. Jadi masyarakat harus selalu waspada,” imbuhnya. (KNews-1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed