1 Hektare Lahan di Kotawaringin Lama Hangus Terbakar

banner 468x60

 

Pangkalan Bun, KNews – Sekurangnya 1 hektare lahan di jalan Natai Selasih Kelurahan Kotawaringin Hulu Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) hangus terbakar. Lahan kosong yang ditumbuhi kacang-kacangan bekas kebun karet yang telah terbakar sekitar 1 tahun lalu tersebut, diketahui milik seorang warga jalan Merdeka RT 02, Kelurahan Kotawaringin Hulu, Kecamatan Kolam bernama Gusti Budiman (32).
Dalam pers rilisnya, Kapolres Kobar AKBP Pria Premos menjelaskan, titik api tersebut terpantau melalui Website Sipongi, pada hari Kamis tanggal 15 September 2017 (Satelit NOAA 18 dan Satelit TERRA/AQUA) mendeteksi 1 titik api (Hotspot) dengan Koordinat S.2.467600 E.111.438100 di Kelurahan Kotawaringin Hulu Kecamatan Kotawaringin Lama Kabupaten Kobar.

banner 336x280

Terpantaunya titik api tersebut, Jumat (15/2017), sekira pukul 16.15 WIB Kapolsek Kotawaringin Lama Iptu I Made Rudian, langsung melaksanakan kordinasi dengan koramil dan Kecamatan Kolam membentuk tim gabungan untuk meninjau serta memadamkan api.

“Personel yang dilibatkan terdiri dari Polsek sebanyak 5 orang, petugas Kecamatan sebanyak 1 orang dan petugas Kelurahan sebanyak 1 orang” tulis Kapolres AKBP Pria Premos dalam pers rilisnya, Sabtu (16/9/2017).
Pria menerangkan, tim tersebut menempuh jarak dari Polsek Kolam menuju titik api sekitar 4 kilometer, ditempuh kurang lebih 15 menit.

“Dengan mengunakan sepeda motor sebanyak 4 unit serta dibekali peralatan parang 2 buah, senter 2 buah, alat pemadam semprot manual gendong 1 buah,” tambahnya.

Namun, kata dia, setelah tim tiba dilokasi ternyata api telah padam, sehingga hanya melanjutkan dengan dokumentasi serta pemasangan police line.

Dari data yang didapat dalam pers rilis tersebut diketahui lahan terbakar diperkirakan hari Jumat pukul 10.00 WIB, setelah Gusti diberitahu oleh tetangga rumah yang lewat lahan miliknya, selanjutnya Gusti langsung mendatangi lokasi untuk melakukan pemadaman, dikarenakan sebelah lahan yang terbakar ada tanaman sawit seluas 3 hektare. Api bisa padam setelah turun hujan serta dibantu juga lahan tersebut ada tanaman kacang-kacangan yang masih hijau serta tanah masih dalam keadaan basah. (Hendri/KNews-1)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *