oleh

Tim Supervisi PKLH Pusat Kunjungi MPA Desa Sei Cabang

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Babinsa Sei Cabang Serda Eko Susanto Koramil 1014 – 02/Kumai turut hadir dalam menyambut kunjungan Tim Supervisi Pusat Derektorat Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (PKHL) ke Masyarakat Peduli Api (MPA) Desa Sei Cabang Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat, Kamis, (25/11/2021).

Kunjungan tersebut bermaksud sebagai salah satu upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan dengan mengedepankan prinsip deteksi dini dan kemutakhiran data patroli langsung turun ke tingkat tapak, serta mengedepankan sinergitas antar lembaga dan masyarakat tingkat desa.

Tujuannya adalah mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada daerah rawan kebakaran serta menanamkan rasa tanggung jawab terhadap pencegahan dan pengendalian karhutla kepada semua pihak.

Kunjungan Tim Supervisi PKLH dilaksanakan di Posko Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Desa Sei Cabang dan dihadiri oleh Babinsa, Bhabinkamtibmas, Perangkat Desa dan seluruh anggota MPA.

Babinsa Sei Cabang Serda Eko Susanto mengatakan, Supervisi yang dilakukan oleh Tim PKHL meliputi penjelasan ulang hal-hal yang perlu dilakukan di lapangan, yaitu memadamkan api apabila terjadi karhutla, mencatat semua lokasi kebakaran atau rawan kebakaran, mencatat lokasi sumber mata air, mencatat jenis vegetasi, dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya karhutla serta cara pencegahannya.

“Selain itu, diinformasikan juga kepada MPA untuk menyusun laporan patroli mandiri yang dilakukan oleh MPA,” Ujarnya. (Yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed