oleh

Sekda Kotawaringin Barat Siap Divaksin Covid-19, Tapi?

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Sekda Kotawaringin Barat, Suyanto mengakui secara pribadi dirinya siap sebagai salah satu dari 10 tokoh yang bakal mendapatkan vaksinasi covid-19 sinovac, Selasa (26/1/2021).

Menurut Sekda Kobar Suyanto, sebelum diputuskan saya tunggu dulu apakah boleh divaksin atau tidak pastinya harus memenuhi 16 item syarat seseorang layak divaksin, yang jelas secara pribadi saya siap,” tegasnya.

Namun sebelum divaksin, lanjut Suyanto dia harus lolos dulu dari proses skrining yang ada 16 item layak tidaknya seseorang mendapatkan vaksinasi sinovac.

“Kebijakan negara tersebut yaitu setiap orang pada saatnya wajib mendapatkan vaksinasi sesuai rentang usia 18 – 59 tahun”.

Karena usia saya masih dalam rentang usia tersebut. Kesiapan ini merupakan bentuk kepatuhan individu untuk melaksanakan kebijakan negara guna menangani pandemi covid-19, insyaallah saya siap, kata Suyanto.

Sebelumnya Direktur RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun dr. Fachruddin menjelaskan orang yang akan disuntik vaksin harus lolos verifikasi pendaftaran melalui aplikasi ‘Peduli Lindungi’.

“Kemudian untuk bisa lanjut ke pos dua dilakukan skrining dan anamnase oleh tenaga medis yang sudah mengikuti pelatihan. Di pos ini calon penerima vaksin akan diperiksa secara detail termasuk ada tidaknya penyakit penyerta atau comorbid,” jelasnya.

Pada pos dua ini akan diberikan pertanyaan tentang ada tidaknya penyakit bawaan. “Jika calon penerima vaksin tidak memenuhi persyaratan, maka dia tidak boleh menerima vaksin. Bila lolos di pos dua, maka tahapan berikutnya adalah pemberian vaksin corona yang berada di pos tiga,” jelas Fachrudin. (yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed