Program TKD Dorong Kemandirian Ekonomi Desa

banner 468x60

Kotawaringin News, Lamandau – Bupati Lamandau Hendra Lesmana terus mendorong desa-desa di daerah setempat serius menjalankan program penggarapan lahan tanah kas desa (TKD) sebagai salah satu upaya dalam mendorong terwujudnya kemandirian ekonomi desa.

Bupati Hendra meilai, terciptanya kemandirian ekonomi desa merupakan salah satu bentuk turunan dari visi misi pemerintah daerah, khususnya bidang ekonomi. Salah satu bentuknya adalah dengan pengelolaan dan memanfaatkan lahan-lahan tidur milik pemerintah desa menjadi lahan lahan produktif.

banner 336x280

“Jadi kita dorong pemerintah desa untuk memanfaatkan lahan milik pemerintah desa yang selama ini tidak produktif, caranya dengan dikerjasamakan dengan dunia usaha melalui pola kemitraan plasma swadaya,” kata Bupati Hendra saat dikonfirmasi pada Minggu, (28/5).

Hendra menjelaskan, dengan pola kemitraan swadaya plasma TKD ini pemerintah desa juga tidak dipusingkan dengan keterbatasan anggaran untuk menggarap lahan yang tidak produktif. Pasalnya, pembiayaan mulai dari pembukaan lahan, penyediaan bibit, penanaman dan pemupukan dilakukan oleh pihak perusahaan.

Hendra mengatakan, keuntungan dari kerja sama kemitraan dengan pihak perusahaan tidak langsung dapat dinikmati saat itu juga, namun 3-4 tahun mendatang keuntungannya baru dapat dirasakan ketika TKD yang digarap tersebut sudah produktif dan menghasilkan nilai ekonomi.

“Dengan hasil yang diperoleh tentu akan menambah penghasilan desa,” tandasnya.(BH/din)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *