oleh

Posyandu Teratai Desa Beruta Masuk 10 Besar Lomba pada Ajang Nasional

Kotawaringin News, Lamandau – Posyandu Teratai Desa Beruta Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau, masuk dalam jajaran 10 besar dalam perlombaan ajang nasional. Ya, Lomba Apresiasi Posyandu Nasional. Lomba ini merupakan ajang pemberian penghargaan kepada posyandu binaan Grup Astra baik posyandu internal maupun posyandu eksternal yang diselenggarakan oleh Astra Internasional (AI) setiap tahunnya. Ada 3 kategori yang dilombakan pada tahun ini yaitu kategori Posyandu, kategori Kader Kesehatan (aviccena) dan kategori Iposyandu Teraktif.

Posyandu Teratai Desa Beruta ini merupakan salah satu posyandu binaan PT Nirmala Agro Lestari yang turut belomba dalam ajang tersebut. Masuk dalam jajaran 10 besar Apresiasi Posyandu Nasional menjadikan Posyandu Teratai, 2 tahun berturut turut masuk dalam jajaran 10 besar dari seluruh posyandu di Grup Astra. Artinya posyandu yang masuk dalam finalis hanya 10 Posyandu secara nasional. Posyandu yang lulus tahun ini ada dari binaan FIF Cibitung, PT Yutaka Manufactoring Indonesia Bekasi, Desa Sejahtera Astra Gedepanrango, Kampung Berseri Astra, Auto 2000 Jakarta Barat, PT NAL Kalimantan Tengah, PT Astra Agro Lestari Jambi, PT Astra Agro Lestari Sulawesi Tengah.

Dalam persiapan ivent ini peserta harus mengisi form posyandu yang berisi profil posyandu, perencanan program inovasi posyandu, pelaksanaan inovasi posyandu, penerima manfaat dampak dan dukungan stakeholder serta keberlanjutan posyandu.
Setelah tahap seleksi selesai dan dinyatakan lulus oleh panitia, selanjutnya masuk ke tahap pengimbasan. Ditahap pengimbasan peserta yang masuk finalis diberikan suntikan dana dari panitia untuk melakukan pengimbasan di tiga posyandu atau lebih di desa sekitar. Dalam tahap ini posyandu Teratai mensosialisasikan inovasi posyandunya berupa budidaya ikan nila dan patin di kerambah yang dikelola oleh kelompok tani Teratai beranggotakan 7 kader posyandu ditambah dengan 4 warga yang menyokong kegiatan posyandu.

Untuk tahap 1 dipengimbasan ini berlangsung tanggal 4 November 2021 bertempat di posyandu desa Beruta dengan sasaran Posyandu Lansia. Sedangkan pengimbasan tahap 2 berlangsung tanggal 6 November 2021 dengan sasaran Posyandu Eucalyptus di desa Perigi dan Posyandu Cempaka di desa Nanga Pamalontian. Pengimasan ini bertujuan mensosialisaikan program inovasi posyandu agar posyandunya memiliki inovasi kemandirian dalam menjalankan roda posyandu. Ditahap pengimbasan ini bukanlah tahap akhir perjuangan. Masih ada tahap berikutnya yakni membuat video dengan durasi 5 menit dan membuat slide presentasi sebanyak 15 slide. Untuk video berisi profil dan aktifitas posyandu beserta inovasinya sehingga ada gambaran terkait posyandu tersebut.

Foto Bersama kader posyandu dan perangkat Desa Beruta Kecamatan Bulik, usai penjurian. (Istimewa)

Tanggal 8 November 2021 adalah hari H penjurian yang dilakukan secara virtual atau webinar. Tentu tidak mulus penjurian ini dilakukan secara virtual. Peserta harus memastikan signal kuat serta perangkat laptop cukup daya selama kegiatan berlangsung untuk menghindari touble system. Posyandu Teratai desa Beruta kecamatan Bulik berada di urutan ke-7. Juri dalam lomba ini adalah Manajer of ESR Astra, Triyanto dan Kasubdiv Pemberdayaan Masyarakat Director Promkes Kemenkes, Hanna Herawati. Dari kedua juri ini sangat kompoten untuk menilai sebuah posyandu layak atau tidak untuk masuk nominasi 1, 2 dan 3 di acara puncak di Festifal Kesehatan Astra pada Selasa, 16 November 2021.

Diakhir acara penjurian, para juri memberikan kesempatan kepada pendamping/Asisten CSR dari PT NAL, Abiddin untuk memberikan tanggapan dan masukan. Abiddin menyampaikan, PT NAL saat ini terus berkomitmen memberikan yang terbaik bagi kemajuan posyandu di desa lingkar dengan training kader menciptakan kader posyandu yang handal, bantuan PMT (Pemberian Makanan Tambahan) serta bantuan fasilitas posyandu.

Sebagai tambahan informasi diacara puncak Festifal Kesehatan Astra 2021 ada sambutan dari ibu Gita Tiffani Boer (Direktur Astra), keynote speaker Prof.Dr. Muhajir Efendy, M.A.P (Menko PMK RI), keynote speaker Budi G Sadikin (Menkes RI) ditambah dengan pemateri pamateri handal , dilanjutkan dengan Apresiasi Posyandu Nasional Astra 2021. Acaranya bisa disaksikan Youtube SATU Indonesia.
Untuk Lomba Apresiasi posyandu di tahun 2021 ini Posyandu Teratai sudah melakukan persiapan yang terbaik agar menjadi posyandu unggul dan mandiri serta menjadi posyandu yang inovatif di desa lingkar PT NAL dan umumnya di kecamatan Bulik. Semoga saja menjadi juara yang membanggakan. (Rls/BH/K2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed