oleh

Pemkab Lamandau Gelar Musrenbang Perubahan RPJMD 

Kotawaringin News, Lamandau – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau, Rabu (20/1) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan dalam rangka penyusunan perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang Perubahan RPJMD) Kabupaten Lamandau 2018-2023.

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Bappeda setempat itu dipimpin langsung oleh Bupati Lamandau, H Hendra Lesmana, dan dihadiri oleh seluruh kepala OPD, Camat serta unsur FKPD. Tak hanya itu, Musrenbang tersebut juga secara langsung melibatkan Pemprop Kalteng via virtual.

Dalam sambutannya, Bupati Hendra mengatakan bahwa, dengan telah ditetapkannya peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, serta dengan terbitnya Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah, maka Pemkab Lamandau perlu menyesuaikan dokumen RPJMD sesuai dengan perubahan mendasar yang diatur dalam kebijakan nasional tersebut.

“Artinya, pelaksanaan Musrenbang Perubahan RPJMD ini merupakan agenda strategis dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap tujuan, sasaran, strategi arah kebijakan dan adanya perubahan program pembangunan daerah lima tahunan yang telah dirumuskan dalam rancangan awal perubahan RPJMD sesuai nomenklatur yang baru,” ungkapnya.

Agenda kegiatan yang kita laksanakan hari ini, lanjut dia, merupakan bagian dari tahapan yang harus dipenuhi untuk melakukan perubahan RPJMD sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“Adapun visi Kabupaten Lamandau tahun 2018-2023 yaitu bergerak cepat membangun Kabupaten Lamandau dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Kabupaten Lamandau JUARA (Jujur Unggul Adil Religius dan Aman),” jelasnya.

Kemudian, sambung dia, Visi tersebut juga telah diformulasikan kedalam lima Misi pembangunan Kabupaten Lamandau tahun 2018-2023,yakni diantaranya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bebas dari KKN, meningkatkan kualitas pembangunan SDM yang cerdas, sehat dan sejahtera, memperkuat kemandirian ekonomi berbasis sektor unggulan dan kelestarian lingkungan hidup, meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat yang bermoral, religius dan aman berdasarkan nilai-nilai budaya kearifan lokal serta meningkatkan pembangunan infrastruktur yang berkualitas untuk pemerataan pembangunan yang berkeadilan dan berkelanjutan.

“Untuk mewujudkan visi-misi Kabupaten Lamandau tersebut, maka dijabarkan kedalam tujuan dan sasaran yang dilengkapi indikator tujuan dan sasaran. Hingga akhirnya akan diimplementasikan melalui program dan kegiatan pembangunan dengan indikator kinerja yang terukur,” ujarnya.

Sebab itu pula, Bupati Hendra kembali mengingatkan kepada semua kepala OPD agar memperhatikan kesesuaian Visi-Misi, tujuan dan sasaran dalam RPJMD.

“Karena konsistensi penjabaran visi dan misi kedalam tujuan dan sasaran menentukan efektivitas pembangunan daerah,” tandasnya.

Selain itu, imbuh dia lagi, memperkuat koordinasi antar OPD dalam proses perencanaan agar terbangun sinergitas serta seluruh OPD agar komitmen dalam proses perencanaan dengan mengacu pada RPJPD, RPJMD, Renstra OPD, RKPD dan Renja OPD agar tercipta dokumen perencanaan yang selaras dan berkualitas,” tukasnya. (M/BH/K2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed