Masyarakat Candi Kecamatan Kumai Antusias Ikuti PSU di TPS 03

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 03, Kelurahan Candi, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) pada Selasa, (20/2/2024), digelar.

Masyakarat Keluruhan Candi Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat Provinsi Kepulauan Kalteng, terlihat antusias mengikuti pelaksanaan PSU Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2024.

banner 336x280

Dari hasil PSU pasangan nomor urut 02 Prabowo-Gibran unggul meraih suara 103, sedangkan pasangan Anis Baswedan-Muaimin meraih suara 44 dan Ganjar-Mahfud MD hanya meraih 10 suara.

Diinformasikan, bahwa pelaksanaan PSU di Kelurahan Candi ini hanya satu surat suara yaitu Pemilihan presiden dan wakil presiden.

“Kami melihat partisipasi pemilih yang hadir di PSU TPS 03, Kelurahan Candi cukup tinggi,” kata Pj Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Santosa.

Menurut dia, dari data yang ada jumblah pemilih 290 orang yang kemarin 257 orang, sebagai PJ Bupati mengharapkan jumblah pemilih sama dengan kemarin.

“Artinya tingkat partisipasi pemilih saat ini sudah sampai 50 persen,” ujarnya.

Budi Santosa optimistis, jumlah pemilih yang menggunakan hak pilihnya di PSU Pilpres 2024 di TPS 03 Candi Kecamatan Kumai terus meningkat sampai ditutupnya TPS pada pukul 13.00 WIB.

“Kami berharap partisipasi pemilih di PSU Pilpres 2024 ini kami harap terus meningkat dan minimal mendekati jumlah yang sama seperti awal lalu”, katanya.

Sementara Ketua KPU Kobar, Chaidir, mengatakan, Untuk Jumlah daftar pemilih tetap di TPS 3 Kelurahan Candi itu sebanyak 290. Untuk logistik pemilu, KPU menyiapkan sebanyak 296 surat suara.

Pelaksanaan PSU di TPS 3 Kelurahan Candi Kecamatan Kumai ini karena adanya temuan 13 orang pemilih yang memilki KTP dari luar Kobar dan luar Provinsi Kalimantan Tengah dan tidak memiliki surat pindah memilih.

“Semoga PSU berjalan lancar, sementara ini yang PDU di Kobar hanya di Kelurahan Candi di TPS 3,”ungkapnya.

Ditempat yang sama Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Yusfandi Usman mengatakan, kita dari Polres Kobar bersama rekan-rekan Satpol PP dan Kodim 1014 Pangkalan Bun siap menjaga Kamtibmas di TPS 03 Kelurahan Candi.

Hal ini tidak lepas agar kegiatan hari ini bisa berjalan dengan lancar dan aman, dan setelah kegiatan pukul 13.00 WIB dilanjutkan dengan perhitungan secara manual oleh rekan-rekan di TPS.

Lanjut Kapolres usai penghitungan segera kami kawal kotak suara, surat suara, kembali ke BPK untuk dilaksanakan pleno, dan dilanjutan di tingkat Kecamatan Kumai.

Sehingga jadwal yang ditetapkan oleh KPU pada minggu depan mungkin pelaksanaan pleno tingkat kabupaten bisa berjalan dengan baik. Dampak dari PSU ini secara umum tidak terlalu mengganggu situasi yang ada di kabupaten Kotawaringin Barat, kata Yusfandi Usman.

Saya juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat kabupaten Kotawaringin Barat yang sudah patuh terhadap politik, sangat luar biasa partisipasinya walaupun ada PSU tapi tidak ada gejolak sama sekali di kabupaten Kotawaringin Barat, pungkasnya. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *