Kekayaan SDA Seruyan Perlu Dilestarikan dan Dibudidayakan

banner 468x60

Kotawaringin News, Seruyan – Selain Sumber Daya Alam (SDA) di sektor perkebunan, pertanian, dan perikanan, Kabupaten Seruyan juga memiliki SDA yang lain yang memerlukan pelestarian serta budidaya yang tepat, yaitu kopi.

Saat dikonfirmasi awak media Kotawaringinnews.com, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Albidinnor mengatakan, bahwa kopi memang sempat menjadi salah satu unggulan masyarakat di wilayah setempat sejak tahun 1990.

banner 336x280

“Akan tetapi, kondisi alam seperti banjir menjadi salah satu penyebab mengapa dahulu, sektor kopi di Kabupaten Seruyan, terkhusus di Kecamatan Seruyan Hilir Timur gagal,” katanya, Senin (8/7/2024).

Kendati demikian, lanjut Albidinnor, masih ada masyarakat yang menanam di pekarangan rumah masing-masing untuk memenuhi kebutuhannya maupun tetangga di lingkungan sekitar.

“Di beberapa desa seperti Desa Mekar Indah, masih ada yang menanam di pekarangan rumah mereka untuk memenuhi kebutuhannya. Kadang-kadang, mereka juga membagikannya kepada tetangga,” tambahnya.

Dirinya juga berharap, kedepannya potensi sektor kopi di Bumi Gawi Hatantiring dapat dilestarikan dan dibudidayakan dengan serius, sehingga menghasilkan profit untuk masyarakat. (Ys)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *