oleh

Karhutla di Jalan Pangkalan Bun-Kolam, Petugas Pastikan Api Benar-benar Padam di Lahan Gambut

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di kawasan jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama (Kolam) km 12 hingga 15 sudah padam, Polres Kotawaringin Barat melakukan pengecekan.

Tim gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, BPBD dan masyarakat terus berusaha melakukan pemadaman, bahkan ada yang sudah berhasil dipadamkan dan masuk ke tahap pendinginan.

Kapolres Kobar, AKBP Devy Firmansyah mengatakan, pendinginan difokuskan pada lahan gambut yang masih menimbulkan asap. Tujuannya agar api tidak menyala kembali.

Menurut Kapolres, walaupun kondisi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan Jalan Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama (Kolam) km 12 hingga 15 sudah padam, guna memastikan apakah masih ada titik api di kawasan tersebut, makanya kita lakukan pengecekan lagi.

Kapolres Devy Firmansyah mengatakan, karena beberapa hari ini sudah diguyur hujan, maka kawasan yang terbakar ini sudah bisa dipastikan padam, ucapnya saat berada di lokasi.

“Walau demikian personel Polri, TNI, BPBD Kobar, Manggala Agni dan Tagana Kobar masih standby di lokasi, untuk mencegah kondisi karhutla kembali berulang, Posko Karhutla hingga saat ini masih terus berjalan hingga waktu yang masih belum ditentukan”, ucap Devy Firmansyah.

“Posko ini akan terus diaktifkan hingga situasi bisa dipastikan aman dan benar-benar aman serta kondusif,” kata orang nomor satu di Polres Kobar ini. (yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed