oleh

Kabinda Kalteng Tinjau Langsung dan Berikan Bantuan Kepada Warga Terdampak Banjir di Arut Utara

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Curah hujan tinggi yang terjadi di Provinsi Kalimantan Tengah dalam beberapa minggu terakhir telah menyebabkan sejumlah wilayah mengalami bencana banjir.

“Sejumlah wilayah yang terdampak bajir diantaranya 10 Desa dan satu kelurahan di Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat”.

Menanggapi musibah tersebut, Kepala Badan Intelijen Daerah (Binda) Kalimantan Tengah, Brigjen TNI Sinyo, langsung melakukan peninjauan ke lokasi sembari memberikan bantuan dan dukungan moril kepada warga yang terdampak banjir di Kelurahan Pangkut, pada, Jumat (3/9/2021).

“Binda Kalteng sesuai arahan Kepala BIN untuk selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, terutama yang sedang mengalami musibah”.

Oleh karena itu, saya dan tim langsung meninjau lokasi bencana banjir di Kelurahan Pangkut, dengan harapan kedatangan kami bisa memberikan dukungan moril dan semangat bagi masyarakat dalam menghadapi musibah ini,” jelas Kabinda Kalteng Brigjen TNI Sinyo.

Sebagai salah satu penerima, Agus yang juga perwakilan dari Kelurahan Pangkut menyampaikan terimakasih kepada Binda Kalteng yang telah memberikan bantuan dan juga meninjau masyarakat yang terdampak banjir.

Agus juga menuturkan, dengan adanya bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh BIN Daerah Kalimantan tengah ini, tentunya sangat membantu masyarakat Kelurahan Pangkut yang sampai saat ini masih terdampak bencana banjir akibat terus terjadinya curah hujan tinggi,

Apalagi, kata Agus, bantuan tersebut sebagai kebutuhan mendesak yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat.

Dihubungi terpisah Lurah Pangkut, Muhammad Atan menyampaikan apresiasi terhadap bantuan kemanusiaan dari Binda Kalimantan Tengah yang ditujukan langsung kepada masyarakat terdampak musibah banjir di Kelurahan Pangkut.

Apalagi bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kabinda Kalimantan Tengah, meski telah mengetahui situasi akses jalan menuju Kelurahan Pangkut yang terkendala akibat hujan yang terjadi terus menerus.

“Tentunya tidak hanya meringankan beban masyarakat melainkan juga memberi semangat kepada masyarakat,” pungkas Atan.

Sementara berdasarkan Data BPBD Kabupaten Kotawaringin Barat, setidaknya terdapat 697 Unit Rumah yang diisi oleh 811 KK dan terdiri dari 1.603 jiwa terdampak di Kecamatan Arut Utara.

Adapun wilayah yang terdampak bencana banjir diantaranya Kel. Pangkut, Pandau, Gandis, Penyombaan, Kerabu, Sukarami, Riam, dan Desa Nanga Mua.

Sebelumnya, Kabinda Kalteng juga telah melakukan penjauan dan pemeberian bantuan kepada masyarakat tedampak banjir di Desa Pembuang Hulu I, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan. (Yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed