Ini Upaya Disdikbud Kobar Menangkal Kekerasan Hingga Narkoba di Tingkat Satuan Pendidikan

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Pendidikan karakter pada anak usia sekolah, dianggap penting sebagai upaya untuk menangkal kasus bulliying, perkelahian hingga narkoba yang terjadi di remaja usia belasan tersebut.

Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), menjelaskan, saat ini pihaknya terus melakukan penguatan pendidikan karakter tersebut di sekolah.

banner 336x280

“Pendidikan karakter tersebut merupakan salah satu dari program yang diimplementasikan dalam kurikulum merdeka,” jelas Jamri, Rabu (15/11/2023).

Karena itulah, menurut Jamri, agar bisa mengimplementasikan hal ini tentunya tidak bisa berjalan tanpa adanya dukungan dari semua pihak dan bukan hanya oleh guru saat anak berada di sekolah.

“Pihak tersebut diantaranya adalah orang tua. Karena orang tualah yang bisa mengawasi perilaku anak usai mendapatkan pendidikan di sekolah,” jelas Jamri.

Artinya, menurut Jamri, dengan adanya keterpaduan antara guru dan orang tua dalam melakukan pendidikan karakter pada anak usia sekolah ini harapannya, kasus pembullyan, perkelahian hingga narkoba bisa ditangkal dan diminimalisir.

“Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut saat ini kami sudah membentuk Tim Pencegahan dan Penanganan Kekerasan (TPPK). Tugas tim tersebut agar bisa melakukan respon cepat untuk melakukan penanganan bila terjadi kekerasan di satuan pendidikan,” jelas Jamri. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *