Gubernur Kalteng Sugianto Sabran Resmi Buka Jambore UMKM Wilayah Barat Tahun 2023

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran membuka secara resmi Jambore UMKM Wilayah Barat Tahun 2023 di Pangkalan Bun Park Kabupaten Kotawaringin Barat, Selasa (5/9/2023).

Kegiatan Jambore UMKM ini mengusung Tema “UMKM Bersatu Berkembang Berjaya Menuju UMKM Naik Kelas dan Go Digital.”

banner 336x280

Gubernur H. Sugianto Sabran, usai membuka secara resmi mengatakan peningkatan kualitas dan kuantitas para pelaku UMKM di Kalteng ini menjadi fokus Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Kalteng, dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Lanjut Gubernur, Jambore UMKM Tahun 2023 ini akan terbagi dalam 3 Wilayah di Kalimantan Tengah, yaitu Wilayah Barat, Tengah dan Timur. Dan hari ini terlaksana dengan baik di Wilayah Barat terpusat di Kabupaten Kotawaringin Barat.

Ia mengatakan, tujuan Jambore UMKM untuk mempertemukan antar antar pelaku usaha, pembina, lembaga keuangan, praktisi, dan stakeholders lainnya, untuk meningkatkan daya saing produk, dan mengembangkan sistem jaringan usaha bagi pelaku UMKM untuk mendukung UMKM naik kelas dan go digital.

“Ada 7015 UMKM yang ikut, kita lihat dari sisi permodalan para pelaku UMKM apakah mereka berhasil atau tidak dan ini yang harus kita lakukan pembinaan. UMKM ini bergerak dari segala Mikro maupun Makro, maka dari itulah peran pemerintah Provinsi, Kabupaten akan memberikan kebijakan bantuan,” sebut Sugianto Sabran.

Pembukaan Jambore UMKM Wilayah Barat Tahun 2023 ini juga dirangkai penyerahan bantuan oleh Gubernur Kalteng berupa bantuan produktif bagi UMK di wilayah barat Kalteng serta Tambahan Honorarium Tenaga Pendamping Profesional Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa se-Kalteng Tahun 2023, dengan total keseluruhan senilai Rp3.199.900.000.

Turut hadir pada Pembukaan Jambore UMKM Wilayah Barat diantaranya Anggota DPR RI Dapil Kalteng H. Agustiar Sabran, Sekretaris Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM RI A.H Novieta selaku salah satu narasumber, Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo beserta istri, Unsur Forkopimda Prov. Kalteng, Pj. Bupati Kotawaringin Barat H. Budi Santosa beserta Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin, Ketua Tim Penggerak PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Bupati Seruyan, Sukamara, Lamandau, dan juga Kotawaringin Timur, Staf Ahli Gubernur dan Asisten Setda Prov. Kalteng, Para Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal di Prov. Kalteng, Jajaran Komisaris dan Direksi PT. Bank Kalteng serta para Pelaku UMKM dari wilayah Barat. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *