oleh

Gotong Royong, DKP Kobar Berikan Bibit Cabe dan Tata Cara Menanam Cabe

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Cabe merupakan salah satu bumbu yang hampir ada disemua jenis masakan. Dengan pentingnya cabe dalam bumbu masakan, masyarakat pun dapat mencoba menanamnya sendiri di rumah, Selasa (12/1/2021).

Harga cabe kadang sering mengalami fluktuasi atau naik turun. Hal ini disebabkan oleh cuaca ataupun industri hotel, restoran, dan kafe lebih dulu memesan sehingga membuat cabe menjadi langka, kata Kepala Dinas Ketahan Pangan (DKP) Kobar Kris Budi Hastuti

Ketika terjadi kelangkaan cabe, maka tentu harganya akan menjadi naik. Dengan adanya cabe yang langsung dipetik di rumah, maka warga tidak perlu merasa khawatir dengan naiknya harga cabe, ujar Kris Budi Hastuti.

Kegiatan gotong royong selalu kita laksanakan, sambil dilaksanakan penyerahan bibit cabe buat warga dan yang terbaru untuk  SIT Al-Manar Pangkalan Bun, terang Kris Budi Hastuti.

Ini tata cara menanam cabe

  1. Pemilihan Bibit Cabe
    Ada banyak langkah-langkah menanam cabe yang harus dilakukan, namun pertama kali warga harus menyiapkan bibit yang akan digunakan. Ada banyak jenis cabe yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Tata cara menanam cabe merah tidak akan jauh berbeda dengan cara menanam cabe rawit, dapat memilih cabe yang masih segar. Kemudian kupas cabe dan ambil bijinya, setelah itu jemur biji tersebut di bawah sinar matahari hingga mengering.

Cara mudah lainnya yang bisa  dilakukan yaitu dengan membeli bibit cabe di toko. Bibit cabe yang dijual di toko biasanya dalam skala besar. Jadi, jika hanya ingin menanam dalam jumlah kecil, lebih baik memilih cara yang pertama.

  1. Penyemaian Cabe
    Setelah bibit cabe telah siap, langkah selanjutnya yaitu melakukan penyemaian. Cara menanam cabe di polybag dapat dilakukan untuk media penyemaian. Tujuan untuk menyemaikan terlebih dahulu di polybag adalah untuk dapat menyeleksi pertumbuhan benih, dan dapat melakukan pemilihan benih yang baik untuk memindahkannya ke tempat yang lebih besar.

Masukkan tanah dan juga pupuk dengan perbandingan 3:1 dan biarkan selama 1 minggu di tempat terlindung dari hujan dan sinar matahari. Sebelum memasukkan bibit cabe ke dalam polybag, rendam bibit tersebut dengan air hangat selama 3 jam. Setelah itu masukkan benih ke dalam polybag dengan menutupi benih kira-kira 1 cm di dalam tanah. Tunggu hingga benih berkecambah, dan mulai perkenalkan dengan sinar matahari langsung.

  1. Penyiapan Lahan
    Cara menanam cabe selanjutnya yaitu dengan menyiapkan lahan yang lebih besar. Sambil menunggu benih berkecambah, dan dapat menyiapkan lahan untuk pemindahan tanaman. Warga dapat menyiapkan pot besar atau lahan yang ada di halaman rumahnya.

  2. Pemindahan Bibit
    Setelah cabe mulai berkecambah, pindahkan cabe dari tempat persemaian ke tempat yang telah disediakan. Lakukan pekerjaan ini saat pagi atau sore hari, hal ini bertujuan agar tanaman tidak stres karena terik matahari di siang hari.

Lakukan pemindahan dengan hati-hati, jangan sampai terjadi kerusakan pada perakaran tanaman, bisa juga melakukan cara mencopot polybag dan memasukkan seluruh tanah ke dalam lubang tanam. Jangan lupa untuk menggemburkan tanah lahan dan memberikan pupuk.

  1. Pemupukan Cabe
    Selama masa penanaman, dapat memberikan pupuk tambahan yaitu pupuk NPK setiap bulannya. Bagi yang ingin menanam cabe secara organik, dapat menyemprotkannya dengan pupuk organik cair. Tambahkan pula kompos pada saat tanaman mau berbuah.

  2. Perawatan Cabe
    Lakukan perawatan dengan rajin menyirami tanaman cabe setiap hari. Bersihkan pula apabila ada tanaman lain yang tumbuh dan mengganggu pertumbuhan cabe.

  3. Panen
    Masa tumbuh buah cabe bervariasi tergantung dari jenis varietas dan lingkungan. Cabe yang sudah tumbuh dengan sempurna dapat dipanen. Buah yang bagus untuk dipanen adalah buah yang belum sepenuhnya berwarna merah dan masih ada garis hijaunya. Buah yang seperti itu masih bisa bertahan selama 2-3 hari sebelum dikonsumsi. Waktu panen yang terbaik adalah pada pagi hari setelah embun kering, pungkasnya. (yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed