Geledah Blok Hunian di Lapas Pangkalan Bun, Petugas Temukan Handphone

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Penggeledahan blok hunian Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (WBP) kembali dilakukan saat razia di Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, Minggu (20/04/2023), malam, sejak pukul 19.00 s/d selesai.

Penggeledahan secara mendadak (Razia Insidentil) langsung dipimpin Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Pangkalan Bun, Doni Handriansyah didampingi Suriadi Ka.KPLP, Hakim Nababan Kasi Adm. Kamtib dan Fuad Hadi S Kasubsi Peltatib yang diikuti oleh regu jaga yang ada di Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun, bersinergi memeriksa warga binaan dan seluruh sudut kamar hunian.

banner 336x280

Operasi ini menjadi agenda rutin Lapas Pangkalan Bun dalam upaya mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lapas.

Hasilnya sejumlah benda terlarang dibawa dalam blok hunian kembali ditemukan di antaranya 1 buah handphone, 1 buah gunting, 1 buah sendok besi, 1 pack kartu Remi, 2 botol kaca, dan 1 mancis.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Pangkalan Bun, Doni Handriansyah mengatakan, bahwa kegiatan penggeledahan atau razia insidentil ini dilakukan dengan tujuan sebagai deteksi dini agar pihak Lapas mampu mengidentifikasi potensi kerawanan.

“Petugas Pengamanan harus  siap dengan cara bertindak “fast respon” gerak cepat, tepat dan benar ketika terjadi gangguan Kamtib di blok dan kamar hunian dalam lingkungan kerja masing-masing petugas” kata Kalapas Doni.

Petugas Pengamanan juga diharapkan agar tetap senantiasa waspada dan tidak lengah  apabila terjadi kedaruratan (kontijensi) seperti kebakaran dan sebagainya.

Petugas harus mampu menangani persoalan yang muncul dari awal,
sehingga dengan demikian akan segera dapat teratasi.

“Segera minta bantuan agar tuntas dan tidak meluas, kemudian melaporkan perkembangan situasi secara berkala kepada pimpinan secara Intens melakukan koordinasi  dengan TNI/Polri serta instansi terkait,” tegas Kalapas.

“Ukuran keberhasilan keamanan dan ketertiban adalah ditandai dengan situasi aman kondusif dan tidak terjadi adanya gangguan Kamtib, dengan demikian petunjuk dan arahan ini agar dipedomani dan dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab,” ujar Kalapas.

Kegiatan Penggeledahan atau razia insidentil tersebut berlangsung aman dan kondusif, pungkasnya. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *