Dispar Kobar: Film Festival Kreatif Kobar Untuk Jaga Keberlangsungan

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Kotawaringin Barat (Kobar), Edie Faganti, menyebutkan bahwa film festival Kotawaringin Barat Kreatif dan panggung kreativitas seni pertunjukan dan musik bertujuan untuk menjaga keberlangsungan.

“Yang paling penting saat ini (film festival Kotawaringin Barat kreatif) harus sustain. Karena kami berharap ini bisa menjadi momentum untuk menguatkan lagi industri perfilman, khususnya di Kotawaringin Barat,” ujar Edie Faganti, saat memberikan sambutan di acara panggung kreativitas seni pertunjukan dan musik, di taman segitiga Bundaran Pancasila Pangkalan Bun, Jumat, (27/10/2023), malam.

banner 336x280

Karena menurut Edie Faganti industri film di Kobar merupakan salah satu potensi industri yang bisa besar. Untuk itulah Dinas Pariwisata mendukung untuk festival film ini.

Tahun ini kita juga mengapresiasi kuliner desa wisata dan mencoba mengangkat kuliner-kuliner yang mungkin ke depan bisa kita andalkan, dengan harapan kuliner ini menjadi salah satu pendorong daripada kunjungan wisata ke desa wisata tersebut, kata Edie Faganti.

“Dan malam ini kita juga melaksanakan streaming film karya masyarakat Kotawaringin Barat, ada dua buah film yang akan coba kita skrining, harapan kita kegiatan ini tentunya dapat memberikan motivasi semangat dan kreativitas.”

Lanjut Edie, agar masyarakat khususnya film-film yang memiliki bakat di wilayah ini kita memberikan ruang dan kesempatan kepada mereka, untuk lebih kreatif lagi.

“Pada saatnya nanti kita akan bersama-sama menyaksikan dua buah tayangan film yang pertama karya seni lokal kita, kita memberikan apresiasi penilaian dan semoga kita bisa menjiwai apa yang ingin disampaikan dalam cerita film tersebut.”

Film karya anak lokal ini akan menjadi ajang “showcase” bagi para pembuat film untuk bertemu dengan penontonnya. Dengan begitu, festival ini akan membuka kesempatan atau peluang baru untuk berkarya, memperluas jaringan, serta menemukan potensi-potensi baru.

Festival ini juga diharapkan dapat mengambil bagian dalam penguatan ekonomi setelah pandemi menerjang dengan menghadirkan peluang berusaha di sektor ekonomi kreatif, terang Edie Faganti.

“Dengan mendukung industri film dan pelakunya lewat festival ini, Dispar Kobar menunjukkan langkah nyata mendukung ekonomi kreatif kembali bangkit pasca pandemi,” ujar Edie Faganti.

Kehadiran Kobar Film karya anak lokal juga akan menjadi wadah penguatan kemampuan dan pengetahuan mengenai gagasan dan teknologi baru dunia film kepada para pelaku industri film Kotawaringin Barat.

“Dengan festival ini, diharap dapat memperkuat daya saing film Kobar di forum nasional. Selain itu, kita juga ingin mengajak para sineas untuk beradaptasi dengan berbagai tantangan dan bentuk baru sebagai upaya bersama membangun kembali industri film,” ujar Edie Faganti.

Lanjut Edie Faganti diharapkan menjadi wadah bagi para pelaku industri film, terutama di Kobar agar semakin berkembang baik secara wacana, keterampilan juga pengembangan jaringan.

Selain itu dapat menjadi pemicu bagi industri film di Kobar untuk semakin berkembang sehingga bisa meningkatkan kualitas industri film di Kotawaringin Barat secara keseluruhan. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *