Dinkes Kobar Terus Berupaya Cegah Penularan DBD

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Tren kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terpantau masih mengalami kenaikan hingga akhir Oktober 2023, tercatat ada 126 kasus.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Barat, Achmad Rois menyebutkan, tercatat kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) bulanan per Puskesmas se-Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) ditemukan 10 kasus pada November 2023.

banner 336x280

Kemudian lanjut Achmad Rois, ada 41 kasus pada bulan Agustus 2023, sebanyak 39 kasus bulan September 2023, dan ditemukan 46 kasus DBD pada bulan Oktober 2023, jadi total ada 126 kasus.

Di mana didominasi oleh anak-anak, remaja hingga dewasa mulai usia 5 – 11 tahun sebanyak 30 persen, 0 – <5 tahun sebesar 20 persen,12 – 16 tahun sebanyak 19 persen, dan 26 – 35 tahun sebesar 8 persen.

Achmad Rois mengatakan dalam bulan November 2023 ditemukan juga sekitar 30 kasus DBD baik yang sedang dirawat maupun sudah selesai perawatan.

“Adanya perubahan musim kemarau ke musim hujan ataupun sebaliknya bahwa DBD siklusnya naik karena nyamuk Aedes Aegypti punya waktu untuk berkembang biak,” ujarnya, Kamis (23/11/2023).

Ia mengungkapkan, faktor yang penyebab penularan DBD ke anak-anak sekolah bisa jadi karena adanya genangan air di tempat ataupun wadah disekitarnya, seperti botol, kaleng bekas, maupun sampah-sampah yang menampung air.

Ia menyampaikan bahwa masyarakat dapat melakukan gerakan 3M, yaitu Menguras, Menutup, Mendaur Ulang. Sebab, fogging hanya membunuh nyamuk dewasa sebanyak 30 persen saja.

Sehingga upaya memutuskan rantai penularan virus Dengue tersebut harus melibatkan semua anak-anak maupun masyarakat di daerah tersebut dengan gotong royong bersama secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu.

“Misal kalau hari ini dilaksanakan tapi minggu depan tidak ada maka telur nyamuk yang sudah bertelur akan menetas dan berkembang biak menjadi nyamuk sehingga menularkan virusnya lagi,” jelasnya.

Seperti gerakan bersama masyarakat oleh Dinkes Kobar pada Kamis, 16 November 2023 lalu di Kecamatan Pangkalan Lada yang dihadiri seluruh kepala desa dan masyarakat.

Dinkes Kobar memberikan sosialisasi dan imbauan kepada warga Pangkalan Lada terkait penularan virus dengue dan setelahnya mereka melakukan gerakan memberantas sarang nyamuk dengan gotong royong bersama dan fogging. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *