oleh

Budidaya Ikan Patin Merupakan Potensi Usaha dengan Peluang Besar

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Haji Zainuri, seorang pengusaha ikan patin desa Runtu, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat, menyampaikan desa Runtu dulunya sempat berada diambang kemiskinan. Namun, berkat dikembangkannya budidaya ikan patin di daerah tersebut, kemiskinan perlahan nantinya berubah menjadi cerita sukses.

Pemerintah Kobar dalam hal ini melalui Kecamatan Arut Selatan menyampaikan apresiasinya kepada Haji Zainuri selaku pengusaha ikan patin yang dapat membangun kemajuan perekonomian desa sehingga jumlah pengangguran bisa terangkat untuk di daerahnya, kata Sekcam Arut Selatan Rangga Lesmana, jumat (22/1/2021).

Lebih lanjut, Rangga menyampaikan ini merupakan bukti potensi yang ada di desa Runtu yang masih banyak dikembangkan untuk kemajuan perekonomian daerah.

“Ikan merupakan sumber protein yang murah, dan pada saat ini ikan merupakan lebih mahal dari pada ayam dan makanan lain, ini memberikan manfaat yang baik bagi pengusaha ikan yang dapat menjanjikan”, terang Rangga Lesmana.

“Banyak kegiatan di desa ini maupun daerah lain yang datang untuk belajar didesa untuk berbagi ilmu maupun bertukaran pikiran utuk memajukan usaha perikanan’, ucap Rangga Lesmana.

Lebih lanjut, Rangga menyampaikan muncullah naluri untuk berbudidaya ikan. Yang disebabkan penduduk juga sangat terbiasa dengan ikan. Diawali dengan beberapa kolam ikan. Beberapa jenis ikan coba dibudidayakan seperti Nila. Namun, saat ini masih dikelola secara tradisional.

Sampai kemudian masuk teknologi budidaya perikanan di kampung ini. Awalnya, banyak kesulitan yag dihadapi masyarakat dalam mengembangkan budidaya ikan yang disebabkan harga pakan dan benih yang mahal, kata Rangga Lesmana.

Perlahan, setelah teknologi budidaya diterapkan barulah harga benih dan pakan turun. Bahkan kini Zainuri bisa memanin per malam bisa sampai 500 kg dan di jual di pasar sekitar Pangkalan Bun, terang Rangga Lesmana.

Rangga, menyampaikan Potensi perikanan di sini memberikan dampak yang luar biasa bagi kemajuan desa ini. “Potensi besar di bidang perikanan ini, membuat masyarakat Desa Runtu nantinya mampu bebas dari ancaman pengangguran. Seluruh masyarakat di sini berhasil diserap oleh budidaya perikanan. Hal ini jelas memberikan dampak ekonomi yang luar biasa bagi Kampung Patin.”

Potensi Budidaya Ikan Patin di Kolam milik warga yang berlokasi di Desa Runtu ini. Bisa panen setiap malam, dengan pengaturan dan pola pengelolaan yang baik sehingga menjadi penghasilan dan terus berkembang, pungkas Rangga Lesmana. (yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed