Banyu Kinum Jadi Incaran

banner 468x60

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) memiliki sumber daya alam yang melimpah, salah satunya adalah air mineral.

Air mineral Banyu Kinum yang berkualitas dan terjamin kebersihannya semakin diminati oleh konsumen.

banner 336x280

Beberapa merek air mineral yang lebih dulu sudah menyebar dipasaran. Kini Banyu Kinum prodak lokal milik PDAM Tirta Arut Pangkalan Bun semakin diminati.

Banyu Kinum merupakan merek air mineral yang diproduksi oleh PDAM Tirta Arut Pangkalan Bun terus berkembang dan kini menjadi populer.

Tidak hanya populer di Pangkalan Bun, Banyu Kinum juga berhasil menembus pasar, terbaru ditemui di sejumlah acara pernikahan ataupun acara pemerintah.

Jauhari salah satu warga Kumai mengatakan Banyu Kinum tidak kalah dengan prodak lain, airnya segar dan tidak pahit, ada manisnya dan enak.

“Saya suka prodak lokal, makanya dalam acara pernikahan adik saya, saya menyediakan Banyu Kinum untuk tamu yang hadir,” terang Jauhari, Rabu (11/10/2023).

Direktur Perumda Air Minum Tirta Arut Pangkalan Bun, Sapriansyah mengatakan bahwa Banyu Kinum ini diharapakan menjadi sebuah nama yang selalu diingat masyarakat. “Dengan membeli banyu Kinum tentu masyarakat akan ikut berkontribusi dalam pembangunan daerah, sekaligus turut melestarikan kearifan lokal,” jelas Sapriansyah.

Banyu Kinum selain memang bersumber dari mata air yang jernih dan berkualitas di Desa Kumpai Batu Atas, juga diproses melalui instalasi unit, kemudian di filter kembali melalui reverse osmosis (RO) dan paling utama Banyu Kinum adalah produk lokal asli milik daerah.

“Banyu Kinum asli produk kita sendiri, untuk PH airnya di angka 7, baik untuk kesehatan,” beber Sapri.

Ada beberapa kemasan yang diproduksi yakni dari mulai kemasan gelas, kemudian kemasan botol isi 330 ml, 600 ml ada juga dalam bentuk kemasan galon 19 liter.

Pj Bupati Kobar Budi Santosa mengatakan, bahwa ini menjadi tantangan dan terobosan yang sangat luar biasa. Tentunya apa yang dilakukan oleh Permudam Tirta Arut ini dapat membantu bukan hanya meningkatkan PAD, melainkan juga memberikan warna baru dalam pelayanan air bersih.

Produksi air kemasan ini bisa dipasarkan kepada masyarakat ramai. Sehingga menjadi produk unggulan Kobar yang bisa dinikmati seluruh masyarakat. Selain itu juga bisa bersaing dengan produk air kemasan yang selama ini beredar dipasaran.

“Kami akan minta seluruh kepala perangkat daerah agar bisa ikut memasarkan dengan menggunakan produk unggulan Kobar. Air minum yang di produksi oleh PDAM ini bisa sejajar dengan produk lainnya,” katanya.

Budi meminta toko modern dan ritel di Kobar ikut memasarkannya. Pihaknya meyakini dengan inovasi ini mampu membantu pemerintah dalam mendukung program kesejahteraan masyatakat.

Karena, lanjut dia, nantinya hasil yang didapat juga bukan hanya memberikan masukan bagi daerah juga membantu warga sekitar.

“Semoga apa yang dilakukan PDAM memberikan signal positif bagi kemajuan Perumdam,” singkatnya. (Yus)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *