Bahas Dua Raperda, Bapemperda Seruyan Minta Pemda Berikan Masukan Perbaikan

banner 468x60

Kotawaringin News, Seruyan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menggelar rapat pembahasan dua buah Raperda inisiatif DPRD dan Pemerintah Daerah Seruyan, Selasa (8/5/2024).

Rapat dipimpin oleh Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Seruyan Arahman dan di hadiri sejumlah anggota Bapemperda. Sementara itu dari pemerintah daerah dihadiri oleh Tim Legislasi Produk Hukum dan dinas terkait lainnya.

banner 336x280

Ketua Bapemperda Seruyan Arahman dalam sambutannya meminta kepada Pemerintah Daerah agar lebih proaktif memberikan saran dan masukan terhadap poin-poin peraturan yang perlu diperbaiki.

“Kepada tim pemerintah daerah untuk memberikan masukan terhadap poin-poin Raperda yang perlu diperbaiki sebelum nantinya disahkan menjadi Perda,” katanya.

Dua buah Raperda yang dibahas tersebut diantaranya yang pertama Raperda Inisiatif DPRD Kabupaten Seruyan yaitu Raperda Pedoman Penerbitan Surat Keterangan Tanah (SKT) Adat di Kabupaten Seruyan.

Pembahasan ini dinilai penting karena perihal SKT Adat tidak termuat dalam peraturan daerah (perda), sehingga kerap kali tidak sinkron antara penerbitan SKT adat dengan pihak pemerintah desa.

“Dan ini juga sangat penting untuk diatur dalam sebuah produk hukum yakni peraturan daerah supaya tidak ada kesimpangsiuran antara kewenangan damang dan kepala desa,” imbuhnya.

Selanjutnya pembahasan kedua yaitu Raperda tentang Perubahan atas Perda Kabupaten Seruyan nomor 1 tahun 2021 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Raperda ini diajukan sesuai dengan perkembangan dalam tata kelola organisasi perangkat daerah. Dimana dalam dinamikanya membutuhkan penyesuaian terhadap regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah atasan maupun yang disebabkan oleh penyesuaian terhadap beban kerja dan dalam rangka peningkatan mutu pelayanan yang lebih baik dan maksimal kepada masyarakat di Kabupaten Seruyan. (Jib)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *