oleh

Babinsa Koramil 1014 -07/Balai Riam Bagikan Sembako Kepada Warga di Posko PPKM Mikro

Kotawaringin News, Sukamara – Sebagai upaya mensukseskan program pemerintah yaitu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, Koramil 1014 – 07/Bali Riam telah menyiapkan beberapa Posko PPKM Mikro tingkat Desa maupun RT/RW yang berada di sejumlah Desa wilayah binaan Koramil 07/Bali Riam, salah satunya adalah Posko PPKM yang berada di Desa Natai Kondang Kecamatan Permata Kecubung Kab. Sukamara yang juga merupakan Pos Terpadu Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang di bangun sejak pelaksanaan TMMD Reguler ke – 108.

Berdirinya Posko PPKM Skala Mikro Berbasis Desa guna Penanggulangan Covid-19 ini, merupakan posko siaga tingkat Desa yang personilnya diisi dari Babinsa, Babinkamtibmas serta sejumlah elemen masyarakat seperti aparat desa, Bidan Desa, tenaga Kesehatan lainnya, serta relawan, Jumat (26/2/2021).

Tujuan pembangunan posko tersebut untuk memberikan informasi, himbauan serta cara penanggulangan dan meminimalisir penyebaran Covid – 19 di tengah masyarakat.

Saat ditemui di Posko, Serda Wahyudi Babinsa Natai Kondang anggota Koramil 1014 – 07/Bali Riam mengatakan posko di tingkat desa atau kelurahan diperlukan sebagai sarana dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19 agar lebih tepat sasaran di tingkat mikro.

“Posko PPKM Mikro Covid-19 berbasis Desa ini sebagai pusat perencanaan, koordinasi, pengendalian, dan evaluasi kegiatan penanganan Covid-19 dalam skala mikro,” Tuturnya,

Ia menjelaskan, posko penanganan Covid-19 di tingkat desa memiliki empat aspek penting, yakni pencegahan, penanganan, pembinaan, dan pendukung. Aspek pencegahan terdiri dari sosialisasi, penerapan 5M, Aspek penanganan mengimplementasikan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment hingga penanganan dampak ekonomi lewat bantuan langsung tunai (BLT) dari pemerintah maupun Bantuan dari Relawan ataupun pihak swasta seperti bantuan yang disalurkan kepada warga Desa hari itu berasal dari Tempat Pelayanan Koperasi (TPK) desa Natai Kondang.

“Aspek pembinaan berupa upaya penegakan disiplin dan pemberian sanksi. Lalu, aspek pendukung yang terdiri pencatatan dan pelaporan, dukungan komunikasi, serta logistik,” Jelasnya.

Bantuan yang berasal dari TPK Desa Natai Kondang ini adalah berupa Sembako yang penyalurannya diperuntukkan kepada warga Desa Natai Kondang yang kurang mampu. Dengan tetap mematuhi prokes, warga yang menerima bantuan langsung datang ke Posko PPKM dan dibagikan oleh petugas. (yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed