oleh

Awal Tahun, Pengajuan SIM di Kantor Satlantas Polres Kobar Menurun

Kotawaringin News, Kotawaringin Barat – Dampak Pandemi Covid-19, memasuki awal tahun 2021 masih dalam kondisi ditengah pandemi Covid-19. Jumlah warga yang melakukan pengajuan atau permohonan surat izin mnegemudi di Kantor Satlantas Polres Kotawaringin Barat (Kobar) alami penurunan.

Hal ini menyebabkan mobilitas sosial masyarakat juga berkurang. Volume kendaraan di sejumlah ruas jalan Pangkalan Bun juga cenderung sepi, dibanding dengan hari – hari biasa sebelum pandemi, jumat (22/1/2021).

“Ternyata dengan menurunnya aktivitas masyarakat karena pandemi Covid-19, awal tahun 2021 ini pemohon SIM juha alami penurunan dibandingkan dengqn tahun 2020 lalu,” kata Bintara Urusan (Baur) SIM Satlantas Polres Kobar, Aipda Agus Nurrohman.

Lanjutnya, adapun jumlah pemohon SIM di awal tahun ini sejak tanggal 4 sampai dengan 20 Januari 2021, sebanyak 669 pemohon. SIM A sebanyak 236 dan SIM C sebanyak 433 pemohon.

“Bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, turun kurang lebih 200 pemohon. Kalau sebelumnya, awal tahun itu bisa 800 lebih pemohon,” tuturnya.

Lanjutnya dia mengungkapkan, bahwa dalam pembuatan SIM pihaknya juga telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Setiap orang yang ingin mengurus SIM diwajibkan menggunakan masker. Saat masuk pun juga harus mencuci tangan di tempat yang sudah disediakan oleh petugas.

“Tak hanya pemohon, petugas pun juga lakukan protokol kesehatan secara ketat, seperti menggunakan masker, sarung tangan dan face shield,” tutur Agus Nurrohman.

Dalam kesempatan tersebut, Agus juga menginformasikan kepada pemohon atau perpanjangan SIM, di mana harus melakukan pengambilan foto, diusahakan supaya tidak menggunakan baju ataupun kerudung berwarn biru.

“Alasannya, itu bisa mengganggu hasil jadi SIM dan data yang tersimpan saat sistem melakukan penyesuaian. Nanti mukanya aja yang kelihatan. Namun demikian, apabila sudah telanjur menggunakan baju berwarna biru, pihaknya sudah menyiapkan baju ganti,” pungkasnya. (yusbob)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed