Petani Seruyan Bakal Diajari Oleh Agriculture Facilitation

banner 468x60

Aldi Setiawan

Seruyan, Kotawaringin News – Agriculture Facilitation (AF) atau fasilitator pertanian segera membuka kantornya di Kabupaten Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

banner 336x280

“Jadi nantinya AF akan membuka kantor di Seruyan dan untuk segala keperluannya masih dalam persiapan,” kata kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan, Sugian Noor di Kuala Pembuang, Sabtu (4/8).

AF merupakan lembaga swasta yang diketuai oleh Kepala DKPP serta didanai oleh perusahaan multinasional Unilever dan beberapa negara donasi yang bertugas untuk melatih para petani agar bertani secara ramah lingkungan.
Ia menjelaskan, tujuan dari pembentukan AF ini adalah untuk mempercepat proses sertifikasi perkebunan swadaya yang ada di daerah setempat.

“Jadi nantinya kebun-kebun swadaya milik masyarakat akan kita bantu melalui AF dan Inobu untuk mendapatkan sertifikat dari ISPO dan RSPO,” terangnya.

Ia mengatakan, bahwa saat ini pihaknya telah membentuk tim sertifikasi yurisdiksi dan melatih 100 orang untuk nantinya melatih para petani, pihaknya pun sudah menerima dana sebanyak Rp500 juta yang akan digunakan untuk pembuatan kantor.

Selain itu, juga akan lakukan perekrutan manajer harian dan dan petugas administrasi yang akan bekerja di bawah ketua.

“Dalam waktu dekat ini kita akan adakan pertemuan bersama Inobu untuk membahas semua persiapan yang akan dilakukan nantinya, seperti penggunaan dana yang sudah didapat serta kapan lagi dana tersebut akan diluncurkan,” pungkasnya.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *