Peran Agama Penting untuk Membangun Etos Kerja

banner 468x60

Sukamara, Knews – Peran agama tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bangsa dan negara. Bahkan dalam tuntutan kerja sehari-hari khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS/ASN) yang berada di lingkup Kabupaten Sukamara.

“Semangat dan motivasi keagamaan juga merupakan sumber kekuatan kita dalam meraih kemerdekaan, mempertahankan kedaulatan nasional, dan menjaga keutuhan negara,” kata Bupati Sukamara, Ahmad Dirman belum lama ini.

banner 336x280

Ia menjelaskan, agama mendapatkan kedudukan terhormat dalam tata kehidupan masyarakat, sehingga dijadikan sebagai salah satu sumber pembentukan hukum nasional. “Agama menjadi ruh kehidupan kebangsaan kita sesuai dengan dasar Ketuhanan Yang Maha Esa,” jelasnya.

Dalam melayanai masyakarat, peranj agama juga menepis anggapan bahwa kemajuan sebuah instansi atau pemerintahan tak ada relevansinya dengan agama. Justru sebaliknya, reformasi birokrasi yang berorientasi pada tingginya peradaban masyarakat sesungguhnya adalah perwujudan nilai – nilai agama.

Ahmad Dirman lebih menyoroti ASN Kementerian Agama yang kerap dinilai punya keunggulan religiusitas dibanding ASN instansi lain. ASN Kemeterian Agama juga dituntut mengoptimalkan energi spiritual sebagai landasan kerja profesional. Sesuai kalimat ‘Ikhlas Beramal’ pada logo Kementerian Agama, pengabdian pada masyarakat dan Negara harus senantiasa diniatkan sebagai ibadah yang tulus.

“Artinya, selalu sadar bahwa kerja kita bukan saja dinilai oleh manusia, tapi juga diperhitungkan oleh Tuhan Yang Maha Mengetahui,” katanya. (*/CH)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *